Laku Pandai Mulai Dilirik Bank Syariah

images

LiBi Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan sejumlah bank syariah tertarik mengikuti program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).

Program yang bertujuan untuk membuka akses keuangan bagi masyarakat terpencil di Indonesia tersebut telah diikuti oleh enam bank konvensional, yakni BRI, Bank Mandiri, BTPN, BCA, BTN, dan BNI.

“Laku Pandai sudah diimplementasikan enam bank. Ini cakupannya sangat besar, tiap bulan mereka masuk terus. Bank syariah juga sudah manyatakan ada yang berminat,” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon saat ditemui di Hotel Kempinski, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Namun, tutur Nelson, untuk menjalankan Laku Pandai, bank syariah harus memenuhi persyaratan dan kesiapannya terlebih dahulu. “Mereka akan mengajukan izin dulu. Nah, cek kesiapan mereka dulu, dari sisi informasi teknologi (IT), calon-calon agennya, persiapannya kan harus cukup baik,” pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Departemen Perbankan Syariah Ahmad Buchori mengakui bahwa dari sisi kesiapan hanya BRI Syariah saja yang telah memiliki kesiapan untuk meluncurkan produk Laku Pandai. Sementara BTPN Syariah masih terganjal kesiapan IT dan infrastrukturnya.

“Saat ini BRI Syariah saja. Sebenarnya yang juga mau ikut itu BTPN (syariah), cuma mereka perlu ada yang harus disempurnakan dari sisi IT-nya sehingga dia belum melakukan. Awalnya sih saya harap dia lakukan duluan, tapi malah BRI Syariah yang siap tahun ini,” tukasnya. (we/lb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *