Bank Mandiri Dukung Pengembangan Startup

mandiri

LiBi Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meluncurkan anak perusahaan baru yakni Mandiri Capital Indonesia (MCI) di sela-sela gelaran Mandiri Investment Forum (MIF) 2016.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G Sadikin mengatakan, pembentukan perusahaan tersebut untuk mendukung pengembangan pengusaha perintis (startup).

“Ini (pembentukan MCI) adalah bagian dari ‘defensive strategy’ kami yang progresif. Karena saat ini dengan adanya bisnis digital ini, banyak industri yang bangkrut. Jadi kita ingin masuk ke ‘finance technology’ (FinTech) khsusunya ke payment (pembayaran) dan retail,” ujar Budi saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (27/1/2016).

MCI sendiri akan melakukan penyertaan modal pada perusahaan startup yang memiliki risiko tinggi dan biasanya kesulitan memperoleh pinjaman perbankan.

Dikatakannya, MCI merupakan perusahaan patungan (modal ventura) yang dimiliki Bank Mandiri (99 persen) dan Mandiri Sekuritas (1 persen). MCI memiliki modal sebesar Rp350 miliar untuk tahap awal.

Direktur Finance & Strategy Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pertumbuhan startup di Indonesia, khususnya di bidang inovasi jasa finansial atau fintech, merupakan yang kedua terbesar di ASEAN setelah Singapura.

“Melalui Mandiri Capital, kami berharap startup Indonesia dapat tumbuh lebih pesat lagi dan dapat merangsang kreativitas generasi muda menciptakan produk dan jasa yang out of the box, khususnya yang dapat mendukung produk perbankan dan jasa keuangan lainnya,” ujar Kartika. (ant/lb)