Empat Indikator Jadi Tolak Ukur Indeks Kemiskinan Multidimensi

_20160210_191313

LiBi Jakarta – Karakteristik kemiskinan multidimensi di Indonesia ini didominasi oleh empat indikator yakni, sumber penerangan, air bersih, sanitasi, dan bahan bakar untuk memasak.

“Sepanjang periode 2012-2014 keempat indikator tersebut masih menjadi persoalan terbesar rumah tangga miskin di Indonesia,”kata Setyo Budiantoro, peneliti dari lembaga Prakarsa, di Balai Kartini, Rabu (10/2/2016)

Empat faktor yang ditemukan di Indonesia memang ditemukan di hampir semua provinsi di Indonesia. Setyo menambahkan, bahwa indikator-indikator yang disampaikan cukup berkontribusi terhadap kemiskinan multidimensi di Indonesai.

“8 dari 10 rumah tangga miskin mengalami kemiskinan dalam sumber penerangan yang layak dan menjadi salah satu persoalan yang cukup besar di Indonesia, diikuti oleh persoalan air bersih (8 dari 10 RT miskin) dan sanitasi (7 dari 10 RT),” tegasnya

Selain itu, menurutnya persoalan lain yang menjadi perhatian adalah gizi balita seimbang dengan tren yang meningkat setiap tahun. Setelah itu diikuti akses air bersih, melek huruf dan aset perumahan. (hdyt)