Cadangan Devisa Indonesia Naik 200 Juta Dolar AS

bi 1

LiBi Jakarta – Jumlah cadangan devisa Indonesia naik 200 juta dolar AS menjadi 107,7 miliar dolar AS hingga akhir April 2016, didorong tambahan penyerapan dana dari lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) dan juga sektor penerimaan lain.

Penerimaan hingga akhir April 2016 ini telah melampaui kebutuhan devisa, yang banyak digunakan untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dalam valuta asing, kata Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia Arbonas Hutabarat di Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Dibandingkan Maret 2016, cadangan devisa yang terkumpul saat itu baru 107,5 miliar dolar AS.

Jumlah cadangan devisa 107,7 miliar dolar saat ini, kata Arbonas, cukup membiayai 7,8 hingga 8,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah di posisi saat ini.

Jumlah cadangan devisa itu juga berada di atas standar kecukupan internasional yang disamakan dengan kewajiban pembayaran tiga bulan impor.

Otoritas moneter menilai jumlah cadangan devisa terkini mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan, demikian pernyataan resmi BI. (Ant)