Jelang Pertemuan Fed Harga Emas Turun 0,29 Persen

emas

LiBi Chicago – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Senin (Selasa pagi WIB, 26/7/2016) menjelang pertemuan Federal Reserve AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 3,9 dolar AS, atau 0,29 persen, menjadi menetap di 1.319,50 dolar AS per ounce.

Logam mulia berada di bawah tekanan karena para pedagang bersiap untuk pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Selasa. Para pedagang percaya bahwa Fed akan menunda kenaikan suku bunga yang sebelumnya diharapkan Juli hingga 2017.

Risalah pertemuan Fed sebelumnya menyebabkan para pedagang percaya bahwa Fed akan menaikkan suku 0,50 persen menjadi 0,75 persen selama pertemuan FOMC Desember.

Menurut alat pemantau Fed CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga 0,50 persen menjadi 0,75 persen adalah sebesar dua persen untuk pertemuan Juli, 20 persen pada pertemuan September 2016, 23 persen pada pertemuan November 2016, dan 45 persen di pertemuan Desember 2016.

Emas dicegah dari kejatuhan lebih lanjut ketika indeks dolar AS turun 0,11 persen menjadi 97,28 pada pukul 19.30 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Pedagang sedang menunggu laporan penjualan rumah baru yang akan dirilis pada Selasa, pesanan barang tahan lama pada Rabu bersama dengan pengumuman FOMC. Pada Kamis akan memiliki laporan perdagangan barang internasional serta klaim pengangguran mingguan, dan pada Jumat akan melihat rilis laporan produk domestik bruto.

Perak untuk pengiriman September turun 4,2 sen, atau 0,21 persen, menjadi ditutup pada 19,647 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober tetap tidak berubah, menjadi ditutup pada 1.088,40 dolar AS per ounce. (ant/lb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *