Kolaborasi Tiga Lembaga Kemanusiaan Dengan PT Trans Retail Indonesia Gelar Qurban Festive 2016

IMG_20160812_154302LiBi Jakarta – Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1437 H, PT. Trans Retail Indonesia (Transmart Carrefour) bekerja sama dengan 3 lembaga kemanusiaan nasional yang kredibel dan terpercaya, yaitu Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dompet Dhuafa dan PKPU, menyediakan booth informasi mengenai Qurban di gerai Carrefour, Transmart Carrefour dan Grosirindo Carrefour di seluruh Indonesia.

Pembelian qurban tersebut dapat dilakukan diseluruh gerai tersebut diatas dan penyaluran hewan qurban kepada masyarakat di lokasi yang membutuhkan dilakukan oleh 3 lembaga kemanusiaan tersebut. Program ini berlangsung mulai tanggal 12 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 11 September 2016.

Kerjasama ini bertujujuan untuk mempermudah seluruh pelanggan setia Transmart Carrefour dalam membeli dan langsung menyalurkan hewan qurban kepada yang membutuhkan melalui 92 gerai Transmart Carrefour dan 2 gerai Groserindo Carrefour. Program ini merupakan inovasi kami untuk selalu memberikan nilai tambah bagi masyarakat yang berbelanja di gerai-gerai Transmart Carrefour”, termasuk juga untuk program kami satu toko Trasmart Berqurban 1 Kambing dengan tagline “OSOG” (One Store One Goat) yang akan dibagikan kepada marsyarkat yang membutuhkan dilingkungan sekitar seluruh toko kami sejumlah 92 gerai diseluruh Indonesia. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi umat sesuai dengan syiar Islamnya, jelas Satria Hamid, Corporate Communication General Manager, PT. Trans Retail Indonesia.

Satria menambahkan pelanggan dapat membeli hewan qurban untuk pendistributian di dalam dan 20 negara di luar negeri, dengan harga kambing sebesar Rp. 1.975.000,-. Sementara untuk sapi seharga Rp. 13.825.000,-. Didistribusi penerima daging qurban tersebut akan disalurkan di dalam negeri terutama daerah banjir, longsor serta daerah gizi buruk yang berada di seluruh Indonesia, diantaranya Aceh Tengah, Sinabung, Pariaman, Bengkulu, Lebak Banten, Tasikmalaya, Yogyakarta< Gorontalo, Banggai, Lombok Timur, NTT, dan Papua. Selain di Indonesia, hewan qurban tersebut juga akan didistribusikan ke sejumlah negara lainnya seperti Kamboja, Myanmar, Laos, Timor Leste, Philipine, Afrika Tengah, Somalia, Kamerun, Bangladesh, Thailand, Sri Lanka, Vietnam dan negara lainnya yang tengah dilanda bencana alam ataupun bencana kemanusiaan.

Syariah berqurban itu adalah salah satu sunah muakkad (sunah yang sangat diutamakan) dalam Islam. Peningkatan kesadaran umat untuk berqurban akan memberikan dampak peningkatan spiritual dan sosial baik bagi pequrban maupun yang menerima qurban. Para pequrban akan merasakan kebarokahan dari Allah karena qurban yang dilakukan. Para penerima qurban dan peternak yang tersebar di 34 provinsi akan mendapatkan manfaat berupa peningkatan kesejahteraan karena mendapatkan modal pemberdayaan sebagi peternak dan menikmati daging ketika terdapat kegiatan qurban ini.

“Rencananya, hewan qurban tersebut akan disalurkan ke daerah-daerah korban banjir, longsor serta daerah gizi buruk yang berada di seluruh Indonesia,” jelas Tomi Hedarjadi dari PKPU. Sementara dari Global Qurban (CT) Act, Imam Akbar menjelaskan, sinergi GQ dengan Carrefour memasuki tahun keempat dan terus menunjukkan peningkatan.

“Meskipun program ini memuat aktivitas transaksional, sejatinya kami tidak ‘menjual’ semata-mata memburu profit. Kami berikhtiar melipatgandakan benefit. 1) sebaran ke semua provinsi, percayakan tim GQ yang menentukan 2) penerima manfaat kurban juga di wilayah krisis kemanusiaan di mancanegara. 3) Kemitraan pengadaan, membangun perbaikan ekonomi para peternaknya, disusul multiplier effect ke benaficiaries lainnya. Dengan pendekatan pemberdayaan, benefit kurban bersama GQ tidak saja soal membagi daging kurban, tapi juga menaikkan kelas sosial para penerima manfaat,” papar Imam Akbar.

“Pada tahun ini, Dompet Dhuafa melalui Tebar Hewan Kurban mengambil Tema Kurbanesia. Tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan mendistribusikan 25.000 ekor kurban. Dengan target tersebut kami siap menebar hewan kurban ke berbagai pelosok wilayah di 23 provinsi Indonesia dan beberapa negara seperti Bangladesh, Filipina, Kamboja, dan Myanmar,” jelas Urip Budiarto. General Managar Resource Mobilization Dompet Dhuafa. “Idul Adha adalah momentum yang sangat baik untuk membangun rasa kepedulian dan rasa tanggung jawab serta kebersamaan terhadap saudara kita yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat yang telah menunaikan kewajiban berqurban di gerai-gerai Transmart Carrefour, Carrefour dan Groserindo Carrefour. Dan tidak lupa kepada 3 lembaga kemanusiaan yang telah bekerjasama dengan baik selama ini”, tambah Herni Dian, Human Resources & Corporate Affairs Director, PT Trans Retail Indonesia.