Tertekan Risalah Pertemuan Fed Dolar AS Melemah

dolarLiBi New York – Kurs dolar AS melemah terhadap mata uang utama lainnya di perdagangan New York pada Jumat (19/8/2016) pagi WIB, karena investor mencerna rilis terbaru risalah pertemuan kebijakan Federal Reserve untuk Juli.

Para pejabat Fed terpecah pada pertemuan Juli tentang waktu menaikkan suku bunga tahun ini, dengan beberapa mendesak untuk segera melakukannya mengingat pasar tenaga kerja yang kuat dan yang lainnya lebih memilih untuk menunggu sampai inflasi memenuhi sasaran, risalah terbaru untuk pertemuan bank sentral yang dirilis Rabu menunjukkan.

“Beberapa peserta melihat perkembangan ekonomi baru-baru ini sebagai indikasi bahwa kondisi pasar tenaga kerja berada di atau dekat dengan tingkat konsisten lapangan pekerjaan maksimal, dan diharapkan bahwa kemajuan terbaru dalam mencapai tujuan inflasi komite akan terus berlanjut, bahkan dengan langkah-langkah lebih lanjut untuk secara bertahap menghapus akomodasi kebijakan moneter,” kata risalah.

Risalah juga menunjukkan bahwa “beberapa memilih untuk menunda kenaikan dalam tingkat suku bunga federal funds sampai mereka lebih yakin bahwa inflasi bergerak lebih dekat ke dua persen secara berkelanjutan.” “Anggota umumnya sepakat bahwa, sebelum mengambil langkah lain dalam menghilangkan akomodasi moneter, bijaksana untuk mengumpulkan lebih banyak data guna mengukur momentum yang mendasari di pasar tenaga kerja dan kegiatan ekonomi,” menurut risalah.

Para analis mengatakan risalah gagal memberikan sinyal yang jelas dari langkah-langkah Fed berikutnya, yang terus membebani greenback pada Kamis.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,59 persen menjadi 94,159 pada akhir perdagangan, level terendah dalam tujuh minggu.

Pada akhir perdagangan New York, euro naik menjadi 1,1354 dolar dari 1,1291 dolar pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris naik menjadi 1,3152 dolar dari 1,3056 dolar. Dolar Australia naik ke 0,7690 dolar dari 0,7647 dolar.

Dolar dibeli 99,95 yen Jepang, lebih rendah dari 100,21 yen di sesi sebelumnya. Dolar jatuh ke 0,9552 franc Swiss dari 0,9618 franc Swiss, dan turun tipis menjadi 1,2772 dolar Kanada dari 1,2848 dolar Kanada. (ant/lb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *