Bersinergi Antar BUMN, PNM Lakukan Kerjasama Dengan BTN

img-20161229-wa0043

Lintas Bisnis.com Jakarta -,PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menjadi salah satu bagian dalam pembiayaan perumahan yang di motori oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk. Kerja sama ini dilakukan untuk mempererat sinergi antar-BUMN sekaligus meningkatkan penghimpunan dana dan penyaluran kredit perseroan.

Direktur Utama BTN Maryono menyampaikan, kerjasama yang dilakukan ini untuk meningkatkan sinergitas antara BUMN berdasarkan arahan langsung  dari Menteri BUMN. “Berbagai fasilitas yang diperoleh dari kemitraan ini seperti kredit atau pembiayaan yang menawarkan suku bunga kompetitif fasilitas kredit mulai dari kredit ringan hingga kredit kepemilikan rumah,” sebutnya disela sela acara penandatanganan MoU dengan tujuh BUMN, dikantor Kementrian BUMN, Kamis (29/12).

Sementara itu, Direktur Utama PT PNM Parman Nataatmadja mengatakan, tujuan kerjasama ini salah satunya untuk pembiayaan nasabah-nasabah Mekaar PNM, karena para nasabah jarang yang memiliki rumah kalaupun punya rumahnya sangat memprihatinkan.

“Kita fokuskan terutama di daerah luar Jakarta seperti pedesaan dan juga dalam kota akan tetapi tetap yang memiliki kriteria itu dari BTN, karena nasabah Mekaar itu adalah ibu ibu miskin yang penghasilannua dibawah Rp.800.000 perbulan jadi nanti spesifikasi rumahnya seperti apa BTN yang menentukan,” jelas Parman.

Parman melanjutkan, selain pembiayaan kredit nantinya kerjasama ini juga mengelolah dana PKBL karena menurut Parman, PNM adalah spesialis dalam mengelolah PKBL.

“Selain itu keuntungan kerjasama ini juga sangat baik untuk kita karena para nasabah kita mendapatkan vainding yang baik untuk mendapatkan pinjaman dari BTN yang akan kita salurkan baik untuk ULaMM dan Mekaar, keuntungan PKBL kan kita mendapatkan Fee dari mereka,” paparnya

Sementara itu, untuk menunjang para karyawan PNM, Parman menjelaskan telah memberikan rumah bagi karyawan yang berprestasi. “Sejauh ini kita sudah memberikan 60 rumah kepada karyawan yang berprestasi, kalau perusahaan yang lain memberikan uang akan tetapi kita buatkan kluster bagi karwayan kit mulai dari tanah dan juga bangunan yang lokasinya berada di Sawangan dan Cimekar Bandung,”ujarnya. (hdt)