Dompet Dhuafa Gandeng MPPA Dalam Program Donasi Pelanggan Serta Penguatan Dayamart

IMG-20170330-WA0127

Lintas Bisnis.com — Dompet Dhuafa menguatkan kembali sinerginya dengan PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), peritel multi-format modern terkemuka di Indonesia. Sinergi ini digulirkan dalam dua program utama, yaitu Infak via Kasir dan penguatan program pemberdayaan UMKM Dayamart.

Program Infak Pelanggan via Kasir jaringan ritel MPPA sendiri telah berjalan dengan baik selama 11 tahun dan saat ini memasuki tahun ke 12 untuk menyalurkan donasi pelanggan kepada kaum dhuafa. Sejak bergulir tahun 2006 yang lalu, program Infak via Kasir memudahkan masyarakat dalam beramal sambil belanja. Pelanggan dapat mendonasikan sisa kembalian belanja, pembulatan kembalian, atau bahkan nominal bebas.

Tema Infak via Kasir kali ini mengajak pelanggan mendukung pentingnya program pemberdayaan ekonomi dan pendidikan di Indonesia. Program infak yang berjalan mulai 1 April 2017 hingga 30 Juni 2017 ini nantinya akan disalurkan untuk mendukung program pemberdayaan ekonomi perempuan dan program perbaikan sekolah yang selama ini juga menjadi konsen program Dompet Dhuafa.

Public Relations & Corporate Communications Director MPPA, Danny Kojongian menuturkan dalam memilih mitra kerjasama, MPPA melakukan langkah due diligence yang pruden terkait dengan pengumpulan dan penyaluran dana infaq dari masyarakat sehingga tujuan dari langkah tersebut akan tepat sasaran sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku.

“Tujuan MPPA dan Dompet Dhuafa yang sejalan serta memiliki komitmen, kerja sama dan akuntabilitas yang baik semakin mempererat hubungan MPPA dan Dompet Dhuafa sehingga program donasi Infak via Kasir telah memasuki usia ke 12. Dalam kurun waktu 12 tahun ini, program infak ini telah berhasil menghimpun dana sebesar Rp 11 milyar, yang telah disalurkan untuk kaum dhuafa. Selain penyaluran ke program pendidikan sebagaimana tiga tahun terakhir, penyaluran donasi ke depan juga diharapkan dapat menyentuh sektor lainnya seperti pemberdayaan ekonomi dhuafa,” kata Danny di kemang Kamis (30/3/2017)

Sementara Dayamart, adalah program pemberdayaan usaha mikro berbasis minimarket komunitas yang digulirkan Dompet Dhuafa di Padang sejak tahun 2016. Selain kepemilikan dhuafa serta memberikan harga khusus untuk dhuafa terdaftar, Dayamart juga mendukung warung-warung kecil sekitar minimarket dalam pasokan barang dan manajemen usaha mikro. Di tahun 2017 ini, Dompet Dhuafa menargetkan 6 gerai Dayamart beroperasi di Padang. Dalam sinergi program ini, MPPA berperan sebagai salah satu mitra strategis Dompet Dhuafa dalam memastikan stabilnya pasokan barang bagi Dayamart.

“Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, pada tahun 2016, 60 persen pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia dimotori oleh perempuan. Kerjasama program ini diharapkan mampu mendukung penyediaan sumberdaya dalam program penumbuhan usaha mikro yang dilaksanakan oleh kaum perempuan. Mengingat selain bantuan modal usaha, mereka juga membutuhkan penguatan kapasitas pengelolaan usaha”, jelas drg. Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa.