Festival Jakarta Great Sale 2017 Gandeng Hotel Berbintang

3826Lintas Bisnis.com Jakarta – Menyambut ulang tahun kota Jakarta yang ke-490, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) akan kembali dilaksanakan pada 2 Juni hingga 12 Juli 2017.

Digelar ke-9 kalinya, FJGS menawarkan hal-hal baru. Selain menggabungkan pasar tradisional dan pasar modern yang telah dimulai tahun lalu, tahun ini untuk pertama kalinya FJGS menggandeng sejumlah hotel di Jakarta.

“Ada yang berbeda dari sebelumnya, peserta Festival Jakarta Great Sale tahun ini terdiri dari 81 pusat belanja dengan 40 pasar tradisional yang mengalami lonjakan 100 persen dari tahun sebelumnya dan FJGS berhasil melakukan kolaborasi dengan Jakarta Hotel Association karena kegiatan yang menyangkut sale atau diskon bukan hanya dimiliki retailer atau pusat belanja atau pasar tapi juga hotel,” tutur Ketua Pelaksana FJGS 2017 Ellen Hidayat di Jakarta, Kamis  (18/5/2017).

Akan ada 12 hotel berbintang empat dan berbintang lima yang berpartisipasi dalam acara ini, yang memberikan penawaran berbeda kepada para tamu yang datang. Tamu cukup meminta harga khusus, mulai dari diskon kamar sampai diskon dine-in FJGS. Tamu hotel juga berhak mendapat shopper card untuk berkesempatan mendapatkan hadiah dari FJGS. “Tidak perlu stay, makan juga bisa, dine-in di restoran juga termasuk partisipasi dalam Festival Jakarta Great Sale,” tutur Richard S. Mau, Vice Chairman Jakarta Hotel Association.

Pada tahun lalu, FJGS juga berhasil menggabungkan pasar tradisional dan pasar modern. “Tahun ini, peserta Festival Jakarta Great Sale terdiri dari 81 pusat belanja dengan 40 pasar tradisional yang mengalami lonjakan 100 persen dari tahun sebelumnya,” kata Ellen.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, seakin banyak pasar yang terlibat merupakan usaha pemerintah untuk mengajak masyarakat kembali ke pasar. “Kami akan fokus pada sembilan bahan pokok yang berpotensi mengalami inflasi,” tutur Arief.

Agar para pembeli di pasar tradisional dapat mengikuti undian hadiah FJGS yang berupa peralatan rumah tangga, seperti televisi dan lemari es, panitia membuat metoda khusus. “Panitia membuat suatu metoda yang boleh dikatakan tradisional dengan kupon belanja 100 ribu, kupon diisi nomor HP, identitas, dirobek, masukkan ke kotak, diundi pada saat mengundi shoppercard,” ujar Ellen.

Acara ini diharapkan tidak sekadar selebrasi suatu festival, lanjutnya, bukan hanya belanja dengan harga murah, tapi juga menjadi acara yang mendatangkan kegembiraan. “Bukan hanya belanja di pusat perbelanjaan dan hotel, tapi juga di pasar tradisional,” kata Ellen.

FJGS 2017 juga akan kembali mengadakan midnight sale, yang diikuti 27 pusat perbelanja. Jumlah ini meningkat tiga partisipan dari tahun lalu.

Diharapkan, Festival Jakarta Great Sale mampu menarik minat turis ke Jakarta. “Salah satu yang jadi unggulan Jakarta adalah pusat perbelanjaan. Kita memiliki tempat belanja sangat lengkap dari kelas bawah, middle up, sampai high end,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Catur Laswanto.