5 Tips Mulai Usaha Online Shop Tanpa Modal

images (3)-237x155

Lintas Bisnis.com Jakarta – Seringkali dalam memulai usaha, kita sebagai pemula terkendala dengan masalah modal. Modal ini berfungsi sebagai pengadaan awal barang dalam usaha. Namun, Anda harus tahu yang satu ini bahwa tidak semua bisnis usaha memerlukan modal. Tidak perlu bertanya, apakah ada bisnis tanpa modal?

Tentu ada! Menjadi seorang reseller online shop produk kecantikan, gadget dan elektronik, serta fashion terkini bisa menjadi pilihan Anda memulai usaha tanpa modal.

Banyak online shop yang menawarkan kesempatan sebagai reseller, tentunya dengan ketentuan harga yang bersaing di pasaran. Peluangnya pun menjanjikan. Bagaimana cara memulai bisnis online shop tanpa modal? Berikut adalah penjelasan dan tips berbisnis online tanpa modal menurut Commeta.co.id.

Cara memulai bisnis online shop tanpa modal ini sebenarnya cukup mudah, namun artian modal di sini adalah modal operasional. Memulai bisnis ini tentunya memerlukan fasilitas pendukung, apalah artinya bisnis online shop tanpa perangkat pendukung online?

Pada umumnya modal yang dimaksud adalah besarnya nominal yang digelontorkan untuk membangun suatu usaha. Tidak, memulai usaha online shop lebih mudah dari itu. Sebelum memulai ulasan apa saja cara memulai bisnis online shop tanpa modal, siapkah terlebih dahulu fasilitas pendukungnya

1. PC atau Laptop

Kalaupun belum mempunyainya, Anda bisa mampir sebentar ke warnet untuk membuat website toko online atau akun jejaring sosial sebagai sarana promosi. Kemudian Anda bisa mengontrol website dan akun jejaring sosial cukup lewat smartphone Anda. Koneksi internet, kuota menentukan segalanya. Selama ada kuota maka bisnis online shop ini tetap eksis.

2. Website Toko Online

Jasa pembuatan website toko online memang sedikit memakan biaya, namun sebagai pemula Anda bisa menggunakan domain Blogspot atau WordPress sebagai lahan bisnis online Anda. Cara membuatnya cukup mudah, asalkan Anda mempunyai akun Google atau Yahoo maka blog segera bisa dimanfaatkan sebagai lahan bisnis online Anda.

3. Pengetahuan tentang Internet Marketing

Berjualan di internet tentu berbeda dengan tatap muka di pasar. Anda akan berbicara dengan konsumen tanpa melihat wujudnya. Dengan begitu, Anda diwajibkan mengetahui bagaimana cara menarik minat konsumen dan meladeni nego harga. Semakin menarik cara internet marketing yang dipakai, bisnis online shop Anda akan semakin menguntungkan.

Memang diperlukan waktu yang cukup lama untuk mempelajari tips dan trik internet marketing, namun jika Anda sering berlatih dan menerapkan ilmu tersebut maka akan lebih mudah diterapkan cara memulai bisnis online shop tanpa modal berikut ini

– Siapkan Kelengkapan Fasilitas

Siapkan kelengkapan fasilitas di atas, tentunya Anda juga harus memastikan bahwa kuota aman sampai batas waktu tertentu sehingga komunikasi jual beli juga akan aman. Karena bagaimanapun juga bisnis online ini tidak bisa terlepas dari internet.

– Tentukan Jenis Barang yang Dijual

Tentukan pangsa pasar Anda. Banyak pilihan kategori barang yang bisa Anda pilih dalam cara memulai bisnis online shop tanpa modal. Bisa dengan menjadi reseller atau dropshipper fashion Korea terkini, gamis batik atau baju muslimah syar’i; gadget seperti smartphone Android brand teranyar; produk kecantikan pembersih jerawat pada wajah, pelangsing tubuh atau produk kesehatan herbal, peninggi badan, pengurang kolesterol, pencegahan penyakit dan sebagainya.

Dengan menentukan bidang bisnis, Anda bisa lebih jeli melihat tingkat konsumsi produk dan menghitung presentase peluang keberhasilan berbisnis online shop.

– Buat Katalog

Membuat katalog produk pada website toko online atau blog atau pada halaman Facebook. Beberapa fasilitas gratis tersebut bisa Anda ubah menjadi lahan memasarkan produk dengan memajang foto produk, manfaat produk, detail produk, hasil pemakaian produk yang berupa katalog. Salah satu cara memulai bisnis online shop tanpa modal ini terbukti ampuh sebagai bagian dari strategi pemasaran internet marketing.

Pengunjung dan calon pembeli bisa melihat apa saja yang Anda tawarkan berikut harga dan kondisi produk. Di sinilah Anda bisa mengetahui trafik pengunjung laman bisnis online shop Anda. Setelah memasang katalog penjualan produk, Anda bisa membagikannya pada jejaring sosial seperti Facebook, grup penjualan, Instagram, dan lainnya. Dan ini gratis! Tanpa mengeluarkan modal sepeser pun.

– Sediakan Chat Service Jika Perlu

Pasang CP dan chat service yang siap sedia saat jam-jam santai. Biasanya pengunjung yang menyambangi online shop akan aktif pada jam makan siang, setelah makan siang, hingga pulang kerja. Anda bisa menggunakan fasilitas messenger gratis seperti Yahoo Messenger, WhatsApp, Facebook Chat, BBM, dan sebagainya. Cantumkan juga nomor telpon Anda yang bisa dihubungi pelanggan setiap waktu.

– Pelayanan Prima

Aktif dan ramah serta informatif pada pembeli. Sebagai bagian dari upaya menarik pengunjung agar betah berbisnis maka Anda dituntut untuk menjadi seramah dan seinformatif mungkin menanggapi pertanyaan dari konsumen. Dampaknya adalah konsumen merasa nyaman dan kembali membeli produk terbaru Anda di kemudian hari.

Lima cara memulai bisnis online shop tanpa modal di atas bisa Anda praktikkan mulai sekarang, dengan tetap jeli melihat online shop tempat Anda mengambil barang. Jangan lupa untuk selalu jeli melihat peluang pasar, tingkat konsumsi barang, dan persaingan harga serta pelayanan pelanggan yang baik