40 Persen Bitcoin di Dunia “Dikuasai” 1000 Orang

40 Persen Bitcoin di Dunia “Dikuasai” 1000 Orang

images-357x231

Lintas Bisnis.com Jakarta – Diperkirakan 1.000 orang memiliki sekitar 40% dari total bitcoin di dunia, dengan rata-rata aset sekitar $105,6 juta per orang, menurut Aaron Brown dari AQR Capital Management per Bloomberg Businessweek.

Itu sebagian adalah kumpulan investor beruntung yang bertaruh pada sebuah cryptocurrency yang sangat terkait dengan ‘jaring gelap’ beberapa tahun sebelumnya, sebagaimana dikutip dari Business Insider, Senin (11/12/2017).

Namun, para investor bitcoin baru yang mencoba terjun ke dunia ini harus sadar jika hal tersebut juga berarti 1.000 orang tersebut memiliki kemampuan luar biasa untuk mempengaruhi harga bitcoin. Kemudian, hal tersebut juga berpotensi lebih berisiko mengingat nilai bitcoin tidak didasarkan pada aset dasar apa pun, melainkan sebagian besar pada sentimen manusia.

“Seperti dalam kelas aset apa pun, pemegang individu besar dan pemegang institusional besar dapat dan memang berkolusi untuk memanipulasi harga,” Ari Paul, salah satu pendiri BlockTower Capital dan eks manajer portofolio University of Chicago endowment, kepada Bloomberg.

Kemungkinan, beberapa pemilik ini sudah saling mengenal, mungkin telah mengalami bitcoin pada saat menambang cryptocurrency lebih mudah dan hanya ada sedikit orang yang terlibat. (Proses dimana bitcoin baru dilepaskan disebut ‘pertambangan’. Karena cara kerja bitcoin, menambang sebuah kripto kardiak menjadi semakin sulit seiring berjalannya waktu.)

Pertimbangkan apa yang disebut “ayah dari bitcoin,” Satoshi Nakamoto yang pseudonim, yang mulai menambang bitcoin saat perangkat lunak ‘menambang koin’ itu pertama kali tersedia pada tahun 2009. Sebuah akun yang kemungkinan sekarang mengandung sekitar 980.000 bitcoin, bernilai kira-kira $15,2 miliar. Itu sekitar 5% dari semua bitcoin yang beredar saat ini.

Sementara itu, karena bitcoin sangat baru, regulator masih ‘menggaruk-garuk kepala mereka’ mengenai cara mengelola industry tersebut. Itu berarti, tidak seperti dengan sekuritas, investor besar saat ini tidak perlu mengungkapkan kepemilikan bitcoin mereka.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply