Menperin Resmikan Pabrik Yangtze Optics Indonesia (YOI) di Karawang

Menperin Resmikan Pabrik Yangtze Optics Indonesia (YOI) di Karawang

Lintas Bisnis.com Kerawang – Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meresmikan PT Yangtze Optics Indonesia (YOI) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Rabu (28/2/2018) dan memberikan apresiasi kepada PT Yangtze Optics Indonesia atas komitmennya melakukan investasi dan pengembangan industri komponen penunjang sektor telekomunikasi di Indonesia.

Dengan diresmikannya pabrik YOI, Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang fasilitas produksi fiber optik dan kabel optiknya terintegrasi dengan investasi total US$50 juta atau sekitar Rp 680 miliar.

Dalam sambutannya, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa dengan dibangunnya pabrik baru ini, maka dapat mengurangi beban impor sebesar 8-10% pertahun. Hal ini mengingat kebutuhan akan kabel serat optik Indonesia saat ini mencapai 9 juta km/pertahun.

IMG-20180228-WA0062_crop_290x205

“Untuk menumbuhkan industry dalam negeri, pemerintah saat ini membuat kebijakan dengan menerapkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Dan serat optik merupakan satu dari tujuh jenis produk yang berpotensi dikembangkan melalui kebijakan penerapan TKDN ini,” ujar Airlangga.

Airlangga menambahkan Perusahan ini sangat impresif, karena pabriknya dibangun dalam waktu singkat dan selesai dengan baik

PT YOI sebagai perusahaan manufaktur kabel optik saat ini memiliki kapasitas produksi dua juta kilometer fiber, yang membuatnya sebagai perusahaan kabel optik terbesar di Indonesia. Bersama PT YOFI, (Yangtze Optical Fiber Indonesia) untuk memproduksi Optical Fibre (Core) di Indonesia.

CEO PT YOI, Chen Hui Xiong menyampaikan, nilai investasi pembangunan pabrik kabel serat optik sekitar 22 juta dolar AS. “Dengan beroperasinya pabrik baru ini, fasilitas produksi fiber optik dan kabel optik kami telah terintegrasi. Total investasi kami hingga saat ini sudah mencapai 50 juta dolar AS,” ungkapnya.

Dengan dukungan dari pemerintah Indonesia serta para mitra bisnisnya, perusahaan akan terus berkontribusi memajukan program pemerintah dalam membangun teknologi broadband dan infrastruktur telekomunikasi

PT Yangtze Optics Indonesia (YOI) adalah perusahaan joint venture di Indonesia antara YOFC (HK.06869) dan partner lokal PT FOTI dengan struktur kepemilikan 70%:30%, serta total investasi lebih dari US$22 juta atau sekitar Rp 300 miliar.

YOFC (Yangtze Optical Fibre and Cable) saat ini adalah penyuplai nomor satu di sektor Optical Preform, Optical Fiber, dan Optical Cable di dunia. PT FOTI, Fiber Optik Teknologi Indonesia, adalah perusahaan lokal yang memiliki misi untuk meningkatkan dan memajukan industri optik berbasis teknologi di Indonesia.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply