PLN Lakukan Efisiensi Supaya Tarif Listrik Tidak Naik

PLN Lakukan Efisiensi Supaya Tarif Listrik Tidak Naik

Lintas Bisnis.com Jakarta – PT PLN (Persero) sudah siap melakukan upaya efisiensi menyusul keputusan pemerintah yang tidak menaikkan tarif hingga akhir 2019.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengaku sudah membicarakan hal ini kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Beberapa upaya yang dilakukan di antaranya mengganti pembangkit listrik yang pengoperasian dan perawatannya mahal, membuat zonasi wilayah angkut batu bara, dan membangun transmisi untuk menyalurkan listrik ke berbagai daerah.

‘Kita apa pun operation dan maintenance, kita lakukan untuk efisiensi,’ kata Sofyan saat ditemui di Energy Bulding, Jakarta, Selasa, 6 Maret 2018.

Selain itu, Sofyan tidak menampik bahwa perseroan sangat berharap ada penetapan harga batu bara khusus listrik (domestic market obligation/DMO). Penetapan harga batu bara itu bisa membantu keuangan PLN sebab batu bara menjadi energi primer untuk pasokan pembangkit saat ini.

Ia memperhitungkan jika harga batu bara tidak diatur maka kehilangan pendapatan (potensial loss) yang ditanggung perseroan tahun ini sekitar Rp21 triliun. Apalagi posisi harga batu bara saat ini berada di level tertinggi.

‘(Kerugian) Tahun ini sekitar Rp21 triliun tanpa ada DMO,’ ucap dia. Sedangkan tahun lalu perseroan mencatat potensial loss sekitar Rp16 triliun.

Adapun untuk target efisiensi yang dilakukan untuk tahun ini ditaksir dapat menghemat Rp6,5 triliun. ‘(Kisaran efisiensi) Tahun ini sekitar Rp6,5 triliun tanpa DMO,’ pungkas dia.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply