Dompet Dhuafa Bersinergi Dengan BNI Bangkitkan Pemberdayaan Nelayan Kerang Hijau

Dompet Dhuafa Bersinergi Dengan BNI Bangkitkan Pemberdayaan Nelayan Kerang Hijau

Lintas Bisnis.com Jakarta – Dompet Dhuafa bersama BNI Syariah dan Yayasan Hasanah Titik (YHT) bekerjasama dalam program pemberdayaan nelayan kerang hijau Mustahik Move to Muzakki. Program ini merupakan program pemberdayaan di wilayah pesisir daerah Banten sejak tahun 2017 dengan berbagai kegiatan diantaranya pembuatan bagan area tambak, pembangunan rumah kupas kerang, pengurusan izin usaha, pendampingan kelompok dan usaha mitra, serta penguatan kelembagaan dan usaha bersama lembaga lokal dengan nilai penyaluran zakat BNI Syariah sebesar Rp 660 juta. (Rabu, 18/04)

Kecamatan Kasemen, Serang dipilih karena memiliki potensi sumber daya alam dan akses yang dekat dengan pusat kota sehingga memudahkan untuk jalur distribusi untuk pemasaran hasil usaha. Selain itu lokasi program di pesisir utara pulau Jawa mempunyai potensi untuk pengembangan bubidaya kerang hijau. Selain sebagai program penyaluran zakat, Mustahik Move to Muzakki juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dengan membentuk kemandirian ekonomi melalui capacity building dan pengelolaan keorganisasian.

Bambang Suherman sebagai Direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa Filantropi, “Yang kita lakukan sebagai pengampu mandat zakat, bukan sekedar menyalurkan. Kita perlu membuktikan bahwa zakat yang dikelola dengan baik, mampu menyelesaikan permasalahan kemiskinan. Seperti halnya program kerang hijau ini, keberhasilan program zakat menjadi insentif bagi muzaki untuk ketenangan beramal zakat, khususnya melalui lembaga”.

Pada kesempatan yang sama, Adrianto Daru selaku Ketua YHT BNI Syariah menyampaikan, “Ekonomi menjadi salah satu fokus bidang program sosial BNI Syariah, sesuai dengan maqoshid syariah/tujuan syariah yakni menjaga harta/hifdz maal. Mudah – mudahan sinergi BNI Syariah dan Dompet Dhuafa terus berjalan baik sehingga memberikan kebaikan/Hasanah bagi masyarakat.

Sejalan dengan komitmen sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah tidak hanya berorientasi keuntungan semata, melainkan juga memberikan kebermanfaatan bagi mitranya melalui program – program sosial dakwah, ekonomi, kesehatan dan lingkungan, pendidikan. Tercatat per Desember 2017, BNI Syariah telah menyalurkan dana zakat sebesar Rp 15,513 Milyar.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply