Tren Pesan Tiket Pesawat Jelang Mudik Lebaran

Lintas Bisnis.com Jakarta – Menyambut musim mudik Lebaran 2018, Pegipegi sebagai salah satu Online Travel Agent yang melayani pemesanan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta api, melakukan riset untuk mengetahui tren pemesanan tiket pesawat jelang periode mudik Lebaran tahun ini.

Berdasarkan data internal Pegipegi, sejak tanggal 15 Mei 2018 sudah mulai terlihat adanya kenaikan pemesanan tiket pesawat untuk periode mudik keberangkatan 9-15 Juni 2018, dibandingkan dengan periode hari biasanya. Hal serupa juga terjadi pada periode mudik Lebaran tahun 2017. Ini menunjukkan bahwa masyarakat terbiasa mempersiapkan tiket pesawat untuk mudik Lebaran sejak 3-4 minggu sebelum keberangkatan.

Dari data tersebut, terlihat juga pemesanan paling banyak dilakukan via aplikasi dibandingkan dengan website, dengan angka yang melebihi 70% dari keseluruhan jumlah transaksi.

Head of Marketing Pegipegi Serlina S. Wijaya mengatakan, “Merujuk pada data pemesanan tiket pesawat jelang mudik Lebaran 2017 lalu, masyarakat paling banyak melakukan pemesanan pada minggu ke-4 atau satu bulan sebelum Lebaran.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin mudik untuk melakukan pemesanan secepatnya, mengingat kita sudah memasuki periode Ramadhan,” kata Serlina.

Selain itu, data pemesanan tiket pesawat Lebaran 2017 lalu menunjukkan 5 destinasi yang paling banyak dituju untuk libur Lebaran, di antaranya adalah Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Denpasar. Sementara, berdasarkan data pemesanan tiket pesawat di Pegipegi hingga saat ini, destinasi favorit masih di kota yang sama seperti tahun sebelumnya.

“Saran kami, satu bulan sebelum keberangkatan sebaiknya masyarakat sudah mulai melakukan booking. Karena pada waktu tersebut jumlah seats pesawat masih banyak. Pilihan jam keberangkatannya pun demikian. Dari segi harga juga masih affordable,” jelasnya.

Tidak bisa kita pungkiri jika harga di periode peak season seperti Lebaran ini biasanya melambung tinggi. Untuk mengatasinya, masyarakat bisa menggunakan layanan cicilan dari kartu kredit.

“Khusus bulan Ramadhan ini, Pegipegi menyelenggarakan program Pegipegi untuk Berbagi yang di dalamnya terdapat berbagai macam promo menarik untuk memudahkan kebutuhan mudik masyarakat. Salah satunya yaitu promo ‘Terbang 1/2 Harga’ yang diluncurkan pada hari Kamis, 17 Mei ini,” pungkas Serlina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *