PPIH Adakan Gladi Posko Layanan Jamaah Haji

PPIH Adakan Gladi Posko Layanan Jamaah Haji

Lintas Bisnis.com Jakarta – Peserta pelatihan petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 1439 H/2018 M akan mengadakan gladi posko atau simulasi pelaksanaan seluruh layanan jemaah haji saat berada di Arab Saudi.

Kepala Seksi Pelatihan Petugas Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU), Syarif Rahman, mengatakan, gladi posko digelar pada Ahad (3/6/2018). Menurutnya, gladi posko dilakukan guna memberikan gambaran pelaksanaan tugas di lapangan sesuai bidang masing-masing.

Selain itu, gladi dimaksudkan untuk menggali kreativitas petugas pada saat menghadapi situasi yang terjadi di lapangan.

“Tujuannya memberikan gambaran pelaksanaan tugas di lapangan untuk menghadapi situasi yang terjadi dilapangan nantinya,” ujar Syarif seperti dikutip di laman Kemenag, Jakarta.

Berbeda dengan sebelumnya, gladi posko tahun ini didesain lebih serius. Panitia menyiapkan figuran yang berperan sebagai jemaah. Fasilitas yang digunakan juga lebih lengkap agar lebih menggambarkan kondisi sebenarnya.

Skenario yang dikembangkan, peserta pelatihan tetap berperan sebagai petugas sesui bidang dan wilayahnya.

“Jadi, tahun ini para petugas tetap akan berperan sebagai petugas di masing-masing posnya dan akan ada talent-talent yang berjumlah 50 orang yang akan berperan sebagai jemaah haji,” kata Syarif.

Di samping itu, lanjutnya, setiap tahapan pada gladi posko tahun ini diberikan penjelasan praktik pelaksanaan tugas sebagaimana teori dalam kelas pendalaman.
“Dengan demikian, gladi posko tahun ini lebih dapat memberikan gambaran kepada petugas utamanya petugas yang belum pernah punya pengalaman sebagai petugas haji,” katanya.

Gladi posko sendiri akan dimulai sekitar pukul 07.30 WIB setelah dilakukan apel pagi. (ant/lb)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply