Komunitas Doyan Sejarah Kembalikan Peninggalan Sejarah Bangsa

Komunitas Doyan Sejarah Kembalikan Peninggalan Sejarah Bangsa

Lintas Bisnis.com Jakarta – Di tengah derasnya informasi sejarah yang salah kiprah, kini generasi muda yang tergabung ke dalam Komunitas Doyan Sejarah tergugah ingin mengembalikan dan menduduki kembali sejarah yang lahir dari para pahlawan dan pejuang Kemerdekaan RI.

Bangsa yang besar ialah bangsa yang mengetahui sejarahnya. Hal itu pula yang ingin diingatkan kembali oleh kumpulan generasi muda dari lintas profesi dengan menginisiasi membentuk sebuah komunitas Doyan Sejarah.

“Komunitas Doyan Sejarah adalah sebuah komunitas independen yang peduli pada sejarah dan budaya serta peninggalan sejarah bangsa. Ini bentuk keprihatinan kami terhadap kurangnya perhatian dan apresiasi generasi sekarang terhadap sejarah bangsanya,” kata Imam Subagyo, Ketua Komunitas Doyan Sejarah dalam peluncuran Komunitas Sejarah #Doyan Sejarah, di Perpusnas Jakarta, Sabtu (8/9/2018).

Ia mengatakan, kegiatan komunitas Doyan Sejarah meliputi safari situs candi di nusantara, seperti candi Suko, keraton Surakarta, keraton mangkunegara, keraton Yogyakarta, diskusi analisis riset penemuan sejarah, hingga berencana membuat film pendek tentang sejarah.

Menurutnya, melalui film pendek sejarah ini menjadi media efektif sebagai propaganda sejarah dalam menyikapi era generasi milenial kecendrungan malas membaca literatur sejarah ini.

Sekarang ini hampir lost generasi anak bangsa yang mengetahui sejarah, bahkan sejarah pahlawan minim bagi diketahui bangsa ini.

“Melalui komunitas ini kita mengajak seluruh elemen bangsa untuk turut partisipasi aktif dalam melestarikan sejarah, karena bangsa yang besar bangsa yang memiliki karakter khas. Sejarah merupakan harta karun yang terpendam,” ujar Imam.

Ia berharap, generasi sekarang tidak melupakan sejarah bangsa seiring kemajuan teknologi, dan dimana revolusi industri keempat telah dimulai. Pihaknya pun aktif menyosialisasikan melalui sosial media komunitas Doyan Sejarah sebagai wadah pencinta sejarah.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply