Quipper Super Teachers Membantu Siswa Menggali Potensi Diri

Quipper Super Teachers Membantu Siswa Menggali Potensi Diri

Lintas Bisnis.com Jakarta – Kini hadir Quipper Super Teachers yang dapat mempermudah siswa-siswi dalam mengasah kemampuan berfikir kritis dalam belajar. Dengan adanya perkembangan teknologi digital tersebut, membuat siswa belajar mudah melalui Internet dan efisien tanpa membawa buku tebal-tebal ke dalam tas.

Sebagai aktor utama dalam pendidikan, peran guru menjadi krusial karena dianggap sebagai sumber informasi pertama yang membuka jendela wawasan dalam praktek pendidikan normatif. Sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, guru juga harus menjadi role model terbaik bagi siswanya baik di kelas maupun di luar kelas.

Menurut Kepala Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Tagor Alamsyah Harahap menyampaikan, terdapat 4 kompetensi dasar yang wajib dimiliki oleh setiap peserta didik.

”Empat kompetensi dasar yang harus dimiliki antara Iain kemampuan untuk berpikir kritis, kemampuan untuk berkomunikasi baik menggunakan media maupun secara Iangsung, kemampuan berkolaborasi dan kreativitas untuk menghasilkan inovasi,” ujar Tagor di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Mengingat pentingnya 4 kompetensi dasar yang wajib dimiliki oIeh peserta didik dan pentingnya peran guru untuk membantu siswa menggali potensi diri, Quipper Indonesia sebagai salah satu perusahaan edukasi teknologi ingin turut andil dalam menciptakan generasi emas bagi Indonesia.

Setelah melalui berbagai rangkaian proses seperti fokus group discussion dan bertanya langsung kepada sejumlah siswa tingkat menengah, terdapat sebuah fakta dimana motivasi belajar yang kurang, tampilan pelajaran yang kurang menarik dan implementasi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal penting yang kerap kali luput dari pengajaran normatif di kelas.

Oleh sebab itu, Quipper Indonesia merancang sebuah program yang dinamakan Quipper Super Teachers dimana sejumlah guru profesional dan juga tokoh inspiratif mengajar di Quipper Video sebagai upaya untuk membantu peserta didik mengasah kemampuan berpikir kritis dan juga kreatifitas agar menjadi generasi emas yang unggul dan kompeten dalam menghadapi tantangan abad 21.

Quipper Super Teachers terdiri dari individu berbakat dengan latar belakang dan keahlian yang berbeda-beda. Dari latar belakang selebriti tanah air Quipper Super Teacher menghadirkan Febby Rastanty dan Vidi Aldiano. Febby dipilih karena kesuksesannya sebagai aktris tidak membuatnya mengesampingkan pendidikan. Terbukti Febby lulus cum laude dan hanya 3,5 tahun dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Kemudian Vidi Aldiano, sukses sebagai penyanyi papan atas tanah air juga tidak menyurutkan mimpinya untuk meraih gelar Magisternya di University of Manchester. Disamping mereka, juga terdapat sejumlah guru profesional yang merupakan favorit para pelajar pengguna Quipper Video. Mereka adalah Cecep Saiful Mukti, Fiktor Piawai, Pratita Atinirmala dan AndjarTyassih.

”Saat ini fokus kami adalah merancang konten bagi generasi Z yang menitikberatkan kepada critical thinking, konten aplikator yang implementasinya dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, video animasi agar menarik bagi para pelajar dan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka,” kata Head of Content Quipper Indonesia, Pipit lndrawati di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Pipit menambahkan, bahwa dalam pendidikan, kualitas konten merupakan hal penting yang selalu dijaga oleh Quipper Indonesia.

Sedangkan Vidi Aldiano mengatakan, dirinya mendapat kesempatan yang luar biasa dapat mengaktualisasikan keinginannya tersebut untuk menjadi pengajar disamping bergelut di dunia musik.

“Menjadi guru di Quipper Video merupakan sebuah kesempatan yang luar biasa, karena saya dapat menyalurkan passion saya dalam mengajar dan saya tidak hanya memberikan dampak kepada orang di dalam satu kelas saja, tapi ke seluruh anak Indonesia yang mengakses Quipper Video,” ungkap Vidi.

Pernyataan Vidi tersebut juga diamini oleh Febby Rastanty dan seluruh guru yang tergabung dalam Quipper Super Teachers. Untuk menghasilkan generasi yang memiliki kompetensi yang mumpuni, guru juga harus diberikan pelatihan khusus agar memenuhi standar kompetensi tersendiri.

Mengingat tantangan guru dalam menggunakan metode kolaboratif, kreatif dan berkelanjutan masih harus diasah. Dalam hal ini pemanfaatan teknologi dapat menjawab tantangan tersebut, salah satunya dengan Quipper Super Teachers yang menghadirkan guru dari berbagai figur dan Iatar belakang yang berbeda.

Sebagai perusahaan edukasi teknologi, Quipper Indonesia berharap program Quipper Super Teacher dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi belajar agar dapat menjadi generasi emas yang membawa Indonesia ke arah yang lebih baik Iagi.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply