THE BIG START INDONESIA Season 3 Umumkan 20 Finalis

THE BIG START INDONESIA Season 3 Umumkan 20 Finalis

Lintas Bisnis.com Jakarta – Setelah melaksanakan rangkaian roadshow lima kota di Bandung, Yogyakarta, Denpasar Bali, Surabaya dan Jakarta. The Big Start (TBS) Indonesia Season 3 berhasil menarik ribuan peminat dan menyortirnya menjadi Top 100, yang kini telah terpilih menjadi Top 20.

Kusumo Martanto, Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com mengungkapkan, bahwa setiap tahunnya, kompetisi ini semakin ketat dalam mencari para pengusaha kreatif muda Indonesia untuk dapat memenangkan gelar bergengsi ini.

“Top 20 ini sekarang akan lanjut ke proses karantina, mereka akan mendapatkan berbagai tantangan untuk menguji keterampilan bisnis mereka, kreativitas dan kepemimpinan,” kata Kusumo, di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Menurut dia, di sinilah momen pentingnya, karena ini kesempatan mereka untuk menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya dari para mentor juga dari peserta lainnya.

“Adanya The Big Start Indonesia yang konsisten diadakan sampai tahun ke-3 ini juga menjadi bentuk upaya Blibli.com untuk mendukung kesiapan para pengusaha kreatif muda Indonesia dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan secara maksimal, sehingga para penggiat UMKM ini bisa mengembangkan usahanya dalam bisnis berbasis digital guna mencapai efisiensi tinggi dan kualitas produk yang lebih kompetitif,” ujar Kusumo.

Pergeseran industri kecil dan menengah ke era digital ini juga dibenarkan oleh Direktur Jendral Industri Kecil & Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengatakan, Tren digital sudah menjadi sesuatu yang tidak lepas dari hidup masyarakat, bahkan bagi pengusaha industri kecil dan menengah.

“Pemerintah melihat potensi ini, dan terus berkomitmen untuk mengembangkan industri kecil dan menengah di Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian dalam program Making Indonesia 4.0, dengan menetapkan 10 program prioritas. Salah satunya adalah memberdayakan UMKM melalui teknologi digital,” ucap Gati.

Kementerian Perindustrian dalam menggagas program bertajuk e-smart IKM yang merupakan suatu upaya pemerintah untuk membangun sistem database industri kecil dan menengah yang diintegrasikan dengan marketplace yang sudah ada.

“Maka dari itu bersama dengan platform e-commerce lokal Blibli.com melalui acara ini. kami harap dapat mendorong para pelaku bisnis IKM untuk meluaskan pasamya melalui teknologi digital dan perdagangan online,” tambah Gati.

Diadakan lebih besar dan spesial dibandingkan pergelaran tahun-tahun sebelumnya, The Big Start Indonesia Season 3 dimen’ahkan oleh rangkaian roadshow Iima kota di Bandung, Yogyakarta, Denpasar Bali, Surabaya dan Jakarta, open market dan talkshow local heroes, serta total hadiah yang lebih besar yaitu Rp1,1 Miliar.

Peserta Top 20 juga berkesempatan mendapatkan banyak pengalaman pada saat karantina berlangsung, serta didukung oleh deretan partner ternama yang siap membagikan ilmu terkait bisnis sehingga dapat mendukung pertumbuhan bisnis mereka agar bisa jadi lebih besar Iagi.

Sementara itu, Senior Vice President Marketing Blibli.com, I Gusti Ayu mengungkapkan, kedepannya ke-20 finalis ini bisa lebih maju secara knowledge, secara skill karena pada akhirnya di TBS ini pihaknya memberikan banyak sekali modul, banyak sekali pembelajaran yang sebetulnya dia tidak mendapatkannya.

“Kita bekerjasama dengan Prasetya Mulya, bisa dibilang Universitas yang bagus untuk para pemuda Indonesia untuk melihat bisnis kedepan nya, dan dia diajarkan bagaimana bisa membuat atau perencanaan bisnis plant yang bagus ke depannya, sehingga mereka bisa meraih sukses ke depannya. Itu dari sisi edukasi,” ucap Ayu.

Dia menambahkan, Blibli.com juga bekerjasama dengan JNE untuk dapat meraih dari segi logistik dan networking. Pada akhirnya pihaknya berharap semua yang diberikan pada saat ini semua bisa membesarkan para UMKM dalam negeri, para pelaku kreatif sehingga bisa memberikan kontribusi ekonomi Indonesia.

“Jadi secara otomatis dari 20 finalis ini, program government’ untuk revolusi industri, namun kita tidak hanya melihat teknologi itu sbg di informasikan atau komunikasi, tapi kita bisa bagaimana menciptakan teknologi itu bukan hanya proses produksi tapi mata rantai itu panjang, sampai akhirnya mereka terbuka matanya melakukan bisnis secara digital,” tutur Ayu.

Sehingga kalau untuk digital berarti, ungkap Ayu, Blibli.com sebagai e-commerce akan memberikan platform-nya, memberikan wadahnya. Buat mereka untuk masuk ke tempat blibli.com tanpa harus berpusing-pusing dibilangin, harus dibikin gudang itu. Biarkan mereka konsultasi dan fokus ke bisnisnya mereka, serta Blibli.com yang akan memkirkirkannya bagaimana untuk memarketingnya, bagaimana Blibli.com harus menyimpan gudangnya, dan lainnya.

“Kita berharap pemerintah dapat berkolaborasi untuk pemenuhan agar pemerintah bisa melihat potensi ke depannya,” tutur Ayu.

Sedangkan yang menjadi alasan JNE sebagai Platinum Partner turut mendukung The Big Start Indonesia Season 3 tahun ini. “Sejalan dengan visi Blibli.com untuk mengembangkan UMKM Iokal indonesia, JNE dengan semangat tagline ‘Connecting Happiness” siap mendukung para pengusaha kreatif muda Indonesia untuk terus mengembangkan bisnis melalui platform digital karena teknologi memudahkan para penjual dan pembeli untuk bertransaksi. Oleh karena itu melalui kolaborasi dengan Blibli.com di The Big Start Indonesia Season 3 untuk pertama kalinya.

“JNE berharap agar para pelaku bisnis muda
Indonesia bisa terus berkembang secara positif dan menjadi pengusaha yang maju dan dapat bersaing,” ujar Presiden Direktur JNE, Mohamad Feriadi.
Terbagi dalam 4 kategori usaha yaitu kuliner, kriya, fesyen dan kecantikan atau kasehatan, masing-masing kategori memiliki 5 finalis yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung dan Bali menjadi kota penyumbang finalis terbanyak.

Tahun ini para finalis juga berkesempatan untuk mendapatkan mentoring dari deretan sosok temama di bidang mereka, yaitu yaitu Gwen Winarno dari Pure Foods Company sebagai mentor kuliner, mentor kriya Bagus Rochadiat dari Kekayuan, Barli Asmara sebagai mentor fesyen, Kezia Toemion Founder ESQA cosmetics sebagai mentor kecantikan dan kesehatan, serta-host judges Aline Adita, Co-Founder Downtown Market dan pengusaha kuliner yang terlibat Iangsung dalam proses kurasi peserta menjadi 20 besar.

Selain itu, kompetisi tahun ini juga dimeriahkan dengan Special Project, sebuah proyek yang mempertemukan dua pengusaha kreatif lokal Indonesia untuk membuat produk kolaborasi yang nantinya dipamerkan di malam Grand Final TBS Indonesia Season 3 untuk kemudian dijual secara eksklusif di Blibli.com, yaitu Saroengan X John Martono, Amazara X Magdalene, lwet Ramadhan X Jakarta Creative, Niluh Djelantik X Rattan Bali. Novita Dwi P (NDP Project) X My Daily Hijab. Syanaz Nadya Roro Kenes Bag, Tri Meiyanti Mei By Omah Manten, Novi Kurnia Abon Cap Koki, serta Andien X Cahaya Lampu.

“Kami harap dengan terpilihnya Top 20 TBS Indonesia Season 3 ini bisa menjadi bukti untuk kita semua bahwa UMKM Indonesia tidak kalah saing dan memiliki potensi sangat besar apabila dikembangkan Iebih Ianjut. Blibli.com berkomitmen untuk mendukung brand dan bisnis lokal untuk terus bertumbuh menjadi Iebih besar lagi, semoga ini bisa jadi motivasi untuk kita semua untuk terus berkarya dan bangga akan produk buatan lokal,” tutup Kusumo.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply