Transaksi Digital Dengan Bitcoin Telah Marak di Perdagangan Dunia

Transaksi Digital Dengan Bitcoin Telah Marak di Perdagangan Dunia

Lintas Bisnis.com Jakarta – Bitcoin, yakni sistem pembayaran digital berteknologi Blockchain sudah mulai digunakan, dan telah dimanfaatkan untuk perdagangan dunia dengan nilai yang tidak dapat diduga.

Nyatanya, dalam satu bulan saja kenaikan harga bitcoin mampu mencapai 10-20% di beberapa bulan terakhir. Lalu bagaimana jika kamu seorang pemula yang ingin mulai belajar jual beli bitcoin di Indonesia?

Mari mulai dengan mengetahui apa sih Bitcoin itu. Dikutip dari portal media khusus Blockchain, Coinvestasi.com Bitcoin adalah sebuah jenis mata uang kripto yang berbasis aw wawancara teknologi Blockchain. Bitcoin sendiri sudah dianggap sebagai mata uang/sistem pembayaran yang sah di beberapa negara di dunia.

Saat ini telah dianggap sebagai mata uang digital terdesentralisasi pertama yang dapat bekerja tanpa bank sentral atau administrator tunggal. Satuan mata uang Bitcoin disebut dengan BTC. Dalam prosesnya, bitcoin bekerja dalam jaringan peer-to-peer dan transaksi terjadi antara pengguna secara langsung. Dalam proses pengiriman dan penerimaan koin, transaksi peer to peer dilakukan dengan menggunakan kriptografi. Lebih jelasnya mengenai Bitcoin, Anda dapat membacanya di Coinvestasi.com

Bitcoin bisa didapatkan dengan mengerjakan sebuah proses yang disebut Mining. Mata uang digital ini dapat ditukar dengan mata uang lain, dapat tukar dengan produk dan layanan. Di tahun 2015 setidaknya ada sekitar 100,000 trader dan vendor yang menerima pembayaran dengan bitcoin. Kegiatan ini terus berkembang hingga tahun 2017 dengan perkiraan 2,9 hingga 5,8 juta user yang menggunakan mata uang bitcoin.

Sebelum membeli bitcoin, ada baiknya untuk mengenali lebih dahulu berapa nilai yang direncanakan akan dibeli. Di bulan Desember 2017, harga 1 BTC mencapai harga diatas 230 juta rupiah. Nah, berapa jumlah nilai minimal bitcoin yang dapat dibeli? Bitcoin kini tersedia dalam unit terkecil yang mewakili pembelian dan penjualan bitcoin. Yaitu milliBitcoin dengan satuan mBTC, dan satoshi. Nilai milliBitcoin sama dengan 0,001 bitcoin atau senilai 100,000 satoshi. Sedangkan satoshi merupakan jumlah terkecil dalam bitcoin, nilainya berkisar 0,00000001 bitcoin.

Jual Beli Bitcoin di Indonesia

Di mana kita dapat melakukan kegiatan jual beli bitcoin di Indonesia? Pembelian bitcoin saat ini dapat dilakukan dengan cara pertukaran antara pemilik dan pembeli. Ada yang bersifat personal, dan ada pula yang berizin sebagai tempat trading resmi. Seperti halnya di luar negeri, exchanger atau tempat penukaran mata uang digital (trading) telah berdiri melayani Trader dan Buyer seluruh dunia. Sedangkan di Indonesia, tempat jual beli bitcoin dapat dilakukan di portal exchanger terbesar, yaitu Indodax – https://indodax.com/ref/icnetwork/1

Di tempat ini, setiap orang dapat menawarkan harga Bitcoin pada harga tertentu untuk dibeli atau dijual. Harga bitcoin mengikuti permintaan dan penawaran pasar. Semakin tinggi permintaan, dengan jumlah penawaran yang tetap, harga bitcoin dapat meningkat dan begitu pula sebaliknya. Setiap orang bisa membelinya dan menjualnya kapan saja mereka mau. Bagaimanakah cara menjual dan membeli bitcoin di portal ini? Pertama-tama, setiap orang wajib melakukan registrasi menggunakan salah satu kartu identitas, seperti misalnya KTP/SIM/Paspor, foto asli, dan daftar rekening Bank.

Transaksi pembelian dapat dilakukan dengan melakukan deposit Rupiah terlebih dahulu dengan mentransfer uang melalui Bank yang telah ditunjuk. Bahkan juga tersedia pembayaran melalui setoran tunai di Minimarket terdekat. Setelah deposit Rupiah berhasil dilakukan, kita dapat melakukan pembelian Bitcoin sesuai dengan jumlah uang yang ingin digunakan. Setiap orang dapat menyimpan Bitcoin di portal ini, seperti halnya Bank yang menyimpan uang. Dan dapat di jual kapanpun dari portal ini, di mana ratusan ribu orang saat ini melakukan transaksi jual beli Bitcoin.

Bagi siapapun yang tertarik untuk berinvestasi di mata uang digital, Anda dapat mengumpulkan informasi dan membaca-baca lebih banyak di Coinvestasi.com sebelum memutuskan untuk membeli dan melakukan trading Bitcoin.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply