Komunitas Bakoel Online Ajak Pelaku UKM Malang Memasuki Industry 4.0

Komunitas Bakoel Online Ajak Pelaku UKM Malang Memasuki Industry 4.0

Lintas Bisnis.com Malang – Industri digital yang telah menjadi sebuah babak baru dalam segala lini kehidupan termasuk dalam sektor bisnis telah mendorong komunitas Bakoel Online untuk mencoba memberikan kesempatan kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang belum memahami seputar dunia digital untuk dapat ikut serta dalam hiruk pikuk dan ikut mengambil keuntungan dari industry 4.0. Program yang digagas adalah program yang diberi nama ukmgood[dot]com.

Program ukmgood.com adalah sebuah direktori digital yang berisi kumpulan informasi dari para pelaku UKM. Yang membedakan direktori ini dengan e-commerce adalah dalam direktori ini tidak dipersiapkan untuk bertransaksi, hanya akan merujuk pengunjung website yang datang serta mengarahakan pengunjung kepada peserta ukmgood[dot]com yang sudah terafiliasi dengan website peserta ukmgood[dot]com. Sehingga transaksi dan semua informasi produk atau jasa akan dapat di lihat konsumen dari setiap website yang dikunjungi.

Dengan mengusung semangat hari Pahlawan, Program yang diluncurkan pada Senin 12 November 2018 bertempat di Co Working Space Seven Chicken Malang ini mempunyai tujuan untuk mengajak semua pelaku usaha agar mempunyai  secara masal website dan akun media sosial sebagai sarana untuk berjualan di dunia digital, program ini juga mengurangi persaingan harga yang dapat terjadi di pasar digital, diharapkan pengunjung akan menentukan pilihan membeli dengan informasi dan kualitas produk yang dapat dilihat dari review yang ada pada website peserta.

Shinta Murniati, Pendiri dari Komunitas Bakoel Online menyampaikan bahwa tingkat ketertarikan pelaku UKM terhadap dunia digital tidak sedikit, dikarenakan terjadi generation gap dari generasi X dan Y untuk dapat mengejar ketertinggalan pengetahuan dan pemahaman teknologi digital.

“Sebenarnya banyak sekali yang tertarik dengan dunia digital akan tetapi lompatan gap yang kadang terlalu jauh dengan dunia digital inilah yang membuat pelaku enggan untuk belajar. Komunitas ini berdiri ingin mengajak semua peserta untuk dapat ikut dengan memberikan banyak pelatihan yang aplikatif seputar dunia digital dan membuat semua menjadi sederhana untuk dapat dikuasai oleh anggota dan secara bertahap masuk di dunia digital”. ujar Shinta.

Dengan adanya celah generasi itulah program ukmgood ini digagas, bertujuan untuk mengikutsertakan peserta tanpa harus menuntut peserta menguasai dunia digital. Karena selain menyediakan direktori, program ini juga membantu peserta dalam pembuatan website dan juga pembuatan akun media sosial sekaligus merawatnya. Sehingga peserta diharapkan dapat fokus terhadap proses produksinya dan bisnisnya.

Riski Riswandi Initiator Program ukmgood[dot]com menyampaikan seputar pentingnya dan manfaat dari program ukmgood[dot]com yang juga memberikan layanan pembuatan website bagi peserta yang belum mampu atau menguasai website. Dan sekaligus menjadi wadah promosi bagi peserta yang telah mempunyai website sebelumnya.

“Program ini akan mengajak peserta langsung ikut aktif kedalam industry 4.0 walaupun peserta tidak menguasai. Prinsipnya kita adalah ajak terjun dulu, nah nanti secara perlahan dengan mereka ikut dan merasakan manfaat dari kecepatan industri digital, kita akan secara bertahap memberikan pelatihan aplikatif melalui pelatihan-pelatihan yang digelar oleh Komunitas Bakoel Online”. Terangnya.

Dinas Perindustrian Kota Malang menanggapi secara positif seputar peluncuran awal dari program ini, melalui Ratna Sri Yosowati, Kepala Seksi Industri Elektronika dan Telematika Bidang Ilmatetta (Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, Elektronika Telematika, Tekstil dan Aneka) menyampaikan bahwa program inovatif dari komunitas UKM ini merupakan hal yang dapat mewadahi pelaku UKM dalam memasuki industry 4.0 yang saat ini telah kita masuki.

“Prgogram ini sangat inovatif dan juga merupakan wadah bagi pelaku UKM khususnya yang belum bisa mengikuti perkembangan dunia digital, mereka dapat terfasilitasi dengan baik. Ya, kita tahulah bahwa dunia online sudah menjadi hal yang mutlak saat ini. Oleh karena itu perlu adanya dorongan dan wadah agar generasi yang belum bisa menguasai dapat ikut serta di dalamnya. Selain itu perlu juga adanya pengembangan kedepan sehingga perserta dari program ini benar-benar bisa memaksimalkan dan mendapatkan hasil dari adanya program ini”. Pungkas Ratna di akhir sesi soft launching  program ukmgood[dot]com.

Jumlah Industri Kecil Menengah (IKM) menurut data dari Dinas Perindustrian Kota Malang tahun 2017 telah mencapai angka 3.355 Unit dengan 18 unit industri berkategori industri besar di dalamnya. Walaupun UKM bagian kecil yang bisa termasuk didalamnya, angka tersebut merupakan angka yang cukup besar dan potensial. Tercatat sekitar 11.369 penyerapan tenaga kerja dengan nilai investasi sebesar 1.862.682.517 Miliar dari geliat Idustri Kecil dan Menengah di kota Malang pada tahun 2017. Diharapakan Program ukmgood[dot]com  dapat memberikan sumbangsih postif baik moril maupun materiil terhadap pertumbuhan Industri Kecil Menengah (UKM) di Kota Malang sehingga jumlah ini akan bertambah dengan adanya lompatan pola industri konvensional ke dalam industry 4.0.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply