Gunakan Aplikasi BAHASO, BAKTI Berikan Ribuan Beasiswa Belajar Bahasa Inggris Secara Online

Gunakan Aplikasi BAHASO, BAKTI Berikan Ribuan Beasiswa Belajar Bahasa Inggris Secara Online

Lintas Bisnis.com Jakarta, Sebagai tanggung jawab pemerintah dalam mewujudkan sila ke lima Pancasila, Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) kementerian Informasi dan telekomunikasi Republik Indonesia telah menjangaku daerah 3T dengan memberikan beasiswa kepada 130 sekolah di 5 kota di Indonesia. Beasiswa ini berupa akses untuk belajar bahasa Inggris secara online. Sebelumnya BAKTI telah membangun infrastruktur di daerah 3T untuk memudahkan masyarakat disana dalam mengakses jaringan internet.

Untuk lebih memaksimalkan penggunaan dari layanan internet pada penduduk sekitar, BAKTI bekerja sama dengan Pusat Teknologi Komunikasi (Pustekom), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan data sekolah yang layak menerima beasiswa ini. Program yang bertajuk ‘Pengembangan Bahasa Inggris Online’ ini menggandeng penyedia aplikasi belajar Bahasa Inggris karya anak bangsa BAHASO.

Danny Januar Ismawan, Direktur Layanan TI Pemerintah dan Masyarakat, BAKTI, Kementerian Komunikasi dan Informasi menekankan bahwa pemerataan teknologi dan keadilan terhadap informasi dan kualitas Pendidikan sudah menjadi prioritas pemerintah saat ini.

“Pendidikan bukanlah milik anak kota semata dan bukan juga hak mereka yang punya fasilitas. Pendidikan milik mereka yang mau belajar dan membawa perubahan. Membangun bangsa dari pinggiran dan desa melalui pendidikan menuju persaingan global.” Tegas Danny.

Sedangkan teknis dari pendistribusian program beasiswa ini memiliki mekanisme ToT mengingat keterbatasan waktu yang dimiliki. Menurut Latifah Hanum, Kepala Divisi Layanan TI Pemerintahan, BAKTI menyampaikan teknis pendistribusian dari beasiswa yang di distribusikan di empat kota yang meliputi kota Bima, kota Sumba Timur, Kota Jogja, Kota Solok. Mekanisme Training to Trainer (TOT)digunakan sebagai cara yang efektif untuk menyampaikan program ini di lebih dari 130 Sekolah tersebut. Hal ini di lakukan mengingat banyaknya jumlah sekolah dan efiseinsi waktu agar program ini dapat cepat terealisasi.

Dalam mekanisme TOT, sekolah yang telah terpilih untuk menerima beasiswa berdasarkan rujukan dari Pustekom akan mengirimkan perwakilan masing-masing 2 orang yang terdiri dari satu guru dan satu siswa untuk menerima tutorial teknis penggunaan aplikasi BAHASO dari tim penyedia aplikasi. Diharapkan perwakilan tersebut dapat membagikan pengetahuannya kepada siswa di sekolahnya.

Memasuki era industry 4.0 keberadaan layanan jaringan internet menjadi hal yang mutlak. Porses pembelajaran secara online merupakan cara yang efektif dan menyenangkan dalam mengakses informasi secara cepat. Alana Abdullah, Chief Executive Officer, Aplikasi BAHASO menandaskan pentingnya peranan digitalisasi bagi Pendidikan. Alana menyebutkan, untuk mendapatkan Pendidikan yang berkualitas tidak perlu biaya mahal saat ini. Dengan metode online kita dapat dengan mudah mendapatkan berbagai macam ilmu dan juga informasi yang sama dengan kota-kota besar lainnya.

“Industry 4.0 memang sudah menuntun kita kearah era informasi dimana semua akses informasi menjadi sesuatu yang mudah untuk dibagikan. Asalkan ada internet kita bisa dengan mudah mengakses berbagai macam ilmu dan juga informasi. Begitu juga dengan aplikasi BAHASO yang kami ciptakan, tak lain aplikasi ini adalah untuk membantu anak bangsa dalam mempelajari Bahasa asing dengan mudah dan murah tentunya. Pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya secara fleksibel menyesuaikan ketersediaan waktu yang dimilikinya dimanapun dan kapanpun”. Pungkas Alana.

Program ‘Pelatihan Bahasa Inggris Online’ yang di inisiasi oleh BAKTI ini sudah berjalan sejak bulan September sampai dengan November 2018. Di distribusikan di 130 Sekolah di lima kota daerah 3T. Para siswa yang memperoleh beasiswa ini akan dapat menggunakan paket belajar Bahasa Inggris menggunakan Aplikasi BAHASO sampai dengan Desember 2018. BAKTI akan melakukan evaluasi dari program awal ini, sehingga diharapkan program belajar Bahasa Inggris secara online ini dapat diteruskan pada tingkatan-tingkatan penguasaan Bahasa untuk jenjang yang lebih Panjang. Direncanakan program ini akan diperpanjang sampai dengan akhir tahun 2019.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply