Sapuhi Gelar Pelatihan Tour Leader dan Gede di Februari

Sapuhi Gelar Pelatihan Tour Leader dan Gede di Februari

Lintas Bisnis.com Jakarta – Sarikat Penyelenggara Haji Umrah Indonesia (Sapuhi) berencana menggelar pelatihan tour leader dan tour gede dalam waktu dekat.

Ketua Umum Sapuhi, Syam Resfiadi mengatakan, melalui rapat pleno laporan tahunan pertama Sapuhi, di Muamalat Tower, Kamis (31/1/2019) yang diikuti oleh 198 travel tersebut, Sapuhi bakal membekali pelatihan tour leader dan tour guide yang rencananya akan dilakukan di awal Februari ini.

“Sesuai peraturan Menteri Agama Nomor 8 tahun 2018 yang dikeluarkan Juni lalu, agar Sapuhi sebagai wadah asosiasi umrah dan haji, dapat menjalankan program latihan dan memberikan pengetahuan tentang Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Sipatuh), latihan menjadi tour leader, tour guide kepada anggotanya,” ujar Syam.

Selain itu, pihaknya mengakui adanya hambatan dalam perkoperasian Sapuhi. Karenanya, pihaknya masih melakukan penyempurnaan AD/ART dan restrukturisasi kepengurusan.

Menurut Syam, ada tiga poin yang harus dilakukan saat ini, menyusun dan mengesahkan AD/ART koperasi Mekar Sukses, kemudian memberhentikan kepengurusan koperasi terdahulu sesuai akta notaris nomor 150 tertanggal 6 Agustus 2018. Terakhir, ialah memilih dan mengangkat susunan pengurus baru koperasi Sapuhi periode 2018-2023.

Ia menambahkan, saat ini total anggota Sapuhi terdiri dari 198 travel yang terdiri dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU),114 trave, 19 travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus, 65 Biro Perjalan Wisata (BPW) dan 9 provider visa aktif.

Syam menerangkan, rapat pleno ini dibuat karena ada satu kebutuhan yang harus diputuskan salah satunya seperti keanggotaan provider visa di dalam sapuhi, mereka harus memilih apakah tetap di Sapuhi atau memilih berpindah ke asosiasi lain. Karena dari pihak Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA) yang belum bisa menerima provider visa dari asosiasi.

“Tapi, Alhamdulillah Minggu ini pihak kedutaan mau berbaik hati bagi anggota Sapuhi yang sudah jadi provider visa bisa mengajukan visanya ke KBSA langsung tanpa membawa nama asosiasi. Itu kemudahan yang luar biasa, tapi tetap kita kordinasikan kepada anggota untuk mempersiapkan itu semua,” tandasnya.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply