Raih Tabungan Emas, Pemerintah dan Pegadaian Kolaborasi Gelar ‘Gold For Work’

Raih Tabungan Emas, Pemerintah dan Pegadaian Kolaborasi Gelar ‘Gold For Work’

Lintas Bisnis.com Jakarta – Pemerintah bersama PT Pegadaian (Persero) berkolaborasi menggelar kegiatan sosial bersih-bersih dengan tema Gold for Work. Hal tersebut, guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat sampah dalam meningkatkan nilai ekonomi.

Kegiatan tersebut diadakan secara serentak di 12 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dengan melibatkan 6.000 orang.

Peserta yang terlibat dalam kegiatan ‘Gold for Work’ ini, mendapatkan imbalan berupa tabungan emas dan ditetapkan sebagai rekor muri yang dihitung berdasarkan pembukaan tabungan emas dari hasil Gold for Work di 12 Kota.

Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto mengatakan, bahwa Gold for Work ini adalah bentuk kepedulian Pegadaian terhadap lingkungan, serta terhadap ekonomi masyarakat di Indonesia.

“Ini merupakan program pemerintah yang dikolaborasikan dengan program sosial Pegadaian, memilah sampah menjadi tabungan emas. Setiap peserta yang ikut pada Gold for Work akan diberikan upah berupa tabungan emas. Kemudian masyarakat dapat menambah saldo tabungan emas di outlet outlet Pegadaian. Melalui ATM atau menggunakan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS),” Kata Kuswiyoto di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (6/4/2019).

Kuswiyoto menjelaskan untuk menukar sampah menjadi emas harus melalui proses terlebih dahulu, yaitu tim dari Pegadaian akan memilah sampah organik dan non organik, ditimbang, dan dinilai harganya. Selanjutnya tim Pegadaian akan menetapkan harganya untuk ditukar dengan tabungan emas.

“Dengan cara ini lingkungan kita akan menjadi lebih bersih dan tidak hanya itu, ekonomi kita akan meningkat karena memiliki tabungan emas yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan.”

Pada kegiatan tersebut, Kuswiyoto menyerahkan bantuan kepada warga Sumenep berupa bangunan bank sampah, mesin pres, mesin pencacah plastik, sepeda motor bak sampah, adan berbagai peralatan lainnya senilai Rp 336,8 juta.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah VIII Jakarta 1 Edi Sarwono mengatakan “Saya mengajak masyarakat bekerja dan memberi apresisi, ini kaitannya memperingati hari ulang tahun Pegadaian yang ke 118 tahun dan kita wujudkan hari ini dengan pembukaan tabungan emas sebanyak 6000 lebih serentak di 12 kantor wilayah Pegadaian seluruh Indonesia.

“Dengan pembukaan tabungan Emas ini Target kita kedepan mengurangi sampah plastik dengan segala kegiatan yang tidak menimbulkan sampah yang berlebih,” jelas Edi Sarwono

Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengatakan dengan adanya acara ini menjadikan edukasi dan sekaligus berinvestasi dengan memilah sampah menjadi emas

“Kepedulian akan kebersihan meningkat dengan merubah perilaku masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan di mulai dari hal yang kecil,” ujar Bayu.

Diinformasikan, kegiatan Gold for Work di laksanakan secara serentak di 12 kota yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta 1 Kemayoran, Jakarta 2 Tangerang, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Manado, Makassar, dan Denpasar.

Kegiatan utama dipusatkan di Marengan Daya, Sumenep, Madura yang dihadiri Menteri Rini M. Soemarno beserta para pejabat Kementerian BUMN, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto, serta para Direksi BUMN. Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT Pegadaian dan HUT Kementerian BUMN.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply