Patuna Adakan Manasik Haji Kedua, Pemerintah Awasi Jamaah Indonesia

Patuna Adakan Manasik Haji Kedua, Pemerintah Awasi Jamaah Indonesia

Lintas Bisnis.com Bogor – Pemerintah berencana akan melakukan pengawasan jamaah haji Indonesia, disela-sela memberikan pengarahan manasik haji gelombang kedua untuk 181 jamaah dari PT Patuna Mekar Jaya (Patuna Travel) pada Sabtu (20/7/2019) di Aston Bogor Hotel & Resort selama tiga hari dari 19-21 Juli 2019.

Sebelumnya Patuna juga telah mengadakan manasik haji gelombang pertama pada 12-14 Juli 2019 pekan lalu dengan diikuti 236 jamaah. Total tahun ini Patuna memberangkatkan sebanyak 417 jamaah haji khusus dan mujamallah.

Pada manasik haji Patuna gelombang kedua ini turut dihadiri Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama RI, Muhajirin Yanis, yang memberikan pengarahan seputar pelaksanaan haji di Tanah Suci meliputi pelayanan yang diberikan pemerintah kepada jamaah.

Ia mengatakan, bahwa semua jamaah haji Indonesia baik itu jamaah haji reguler, haji khusus ataupun visa mujamallah akan mendapatkan pengawasan dari pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Agama.

“Semua jamaah haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci baik haji reguler, haji khusus atau visa mujamallah tetap akan mendapatkan pengawasan dari pemerintah. Hanya saja jika terjadi permasalahan terkait visa mujamallah itu penanganannya berbeda,” ujar Muhajirin saat memberikan pengarahan kepada jamaah calon haji Patuna, Sabtu (20/7/2019).

“Kalau haji reguler, penanganannya langsung ke PPIH Arab Saudi, tapi kalau visa mujamallah itu melalui konjen yang ada di sana untuk penanganan masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri,” imbuhnya.

Disamping itu, ia juga mengapresiasi Patuna selaku Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang telah memberikan pembimbingan dan pelayanan dengan sangat baik kepada para jamaahnya.

“Aturan-aturan PIHK telah dijalankan sangat baik oleh Patuna. Menurut saya (Patuna) itu PIHK yang paling aktif melakukan pembimbingan, dan jamaahnya juga sudah terorganisir dengan baik,” tutur Muhajirin.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply