Menhub Resmikan Stasiun KA Metland Telaga Mumi di Kabupaten Bekasi

Menhub Resmikan Stasiun KA Metland Telaga Mumi di Kabupaten Bekasi

Lintas Bisnis.com Cibitung – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Stasiun Kereta Api (KA) Telaga Murni di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (13/8). Dengan peresmian stasiun ini diharapkan dapat semakin meningkatkan konektivitas dan pelayanan jasa transportasi Kereta Api khususnya kereta komuter Jabodetabek.

“Pak Menhub meresmikan Stasiun Kereta Api Telaga Murni di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dengan kehadiran stasiun ini dapat semakin meningkatkan konektivitas dan meningkatkan pelayanan transportasi massal kereta komuter Jabodetabek yang selamat, aman, nyaman dan terjangkau bagi masyarakat, ” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik, Hengki Angkasawan.

Dalam peresmian tersebut, Menhub Budi menggunakan kereta commuterline bersama dengan vlogger Farah Fang dan Rian D’Masiv dan tiba di Stasiun KA Telaga Murni pada pukul 14.00 WIB. “Beliau sekaligus ingin berinteraksi Iangsung dengan penumpang untuk mendengar aspirasi mereka,” tutur Hengki.

Sebagai informasi, pembangunan Stasiun Telaga Murni merupakan tindak lanjut Perjanjian Kerjasama antara Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan PT Fajarputera Dinasti pada tahun 2014. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembangunan pada tahun 2015 sampai dengan tahun 2018.

Pembangunan tersebut diprakarsai Pemerintah Kabupaten Bekasi yang pembangunannya melibatkan peran serta swasta, dalam hal ini pengembang kawasan pemukiman di wilayah Kabupaten Bekasi. Lokasi Stasiun Metland Telaga Murni ini terletak di antara Iintas Jakarta-Clkampek tepatnya antara Stasiun Cibitung dan Stasiun Clkarang di Desa Telaga Murni.

Luas tanah Stasiun Telaga Murni adalah 2,051 m2 dan luas bangunan 2,630 m2. Stasiun ini memiliki fasilitas peron 260 meter untuk melayani 12 (dua belas) rangkaian kereta. Stasiun ini dibangun sesuai spesifnkasi teknis sehingga memenuhi standar pelayanan minimum Stasiun perkotaan, berupa fasilitas seperti ticketing gate, Closed Circuit Television (CCTV), serta petunjuk informasi kereta dan petunjuk jalur bagi penumpang.

Stasiun KA Metland Telaga Murni ini telah dilakukan uji coba pengoprasian sejak tanggal 18 Mei 2019 hingga hari ini. Dari hasil uji coba tersebut telah dilakukan evaluasi secara keseluruhan hingga hari ini Stasiun Metland Telaga Murni dinyatakan layak operasi dan siap diresmikan oleh Menteri Perhubungan.

”Setelah dua bulan beroperasional, hari ini Stasiun KRL Metland Telaga Murni siap diresmikan oleh MenHub. Kami berharap stasiun Telaga Murni Metland menjadi salah satu fasilitas yang bisa digunakan oleh para penghuni di kawasan Metland Cibitung untuk memudahkan akses dalam berpergian,” jelas Wakil Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk, Anhar Sudradjat.

Selanjutnya pengembangan stasiun baru ini bukan hanya untuk meningkatkan peran pelayanan KRL tetapi juga dapat mendorong masyarakat untuk menggunakan sarana transportasi massa, sehingga dapat mengurangi beban jalan yang sudah semikian padat dan mengurangi emisi kendaraan bermotor.

Untuk membangun stasiun kereta api Metland Telaga Murni tersebut telah menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 51 milliar. “Jadi polanya dengan hibah, kurang lebih Rp 51 miliar. Oleh karena aksesnya sangat baik buat kita, manfaat dari penjualan perumahan dan juga buat kemudahan akses masyarakat sekitar sini. Bahkan buat developper lain bisa juga menikmati dari adanya stasiun kereta api ini,” jelas Anhar.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply