HDMI Gandeng Abbasource.com Selenggarakan Kompetisi Desain Mebel

Lintas Bisnis.com Jakarta – Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) bekerjasama dengan ABBASOURCE.COM mengundang para desainer mebel dan Industri pembuat mebel (maker) untuk mengikuti Open Call Indonesia Creation (OCIC) 2019.

OCIC merupakan kompetisi untuk memilih desain-desain terbaik dari desainer mebel Indonesia untuk dijual produk dan karyanya di pameran furnitur paling bergengsi di dunia, Salone del Mobile 2020 di Milan, ltalia.

Salone del Mobile kerap menjadi barometer tren desain produk living di dunia. Tiap tahunnya pameran ini dihadiri oleh 188 negara dan Iebih dari 2.300 perusahaan global.

ketua HDMI, Ira Samri menjelaskan
“OCIC tahun ini kami khususkan untuk desain dan produk meja dan kursi terlebih dahulu. Ini tidak menutup kemungkinan bahwa di tahun-tahun berikutnya akan melebar ke produk-produk Iain, seperti Iampu, home accessories, dan produk living Iainnya.

“Desainer dan maker dapat mendaftarkan karya dan produk jadinya melalui portal www.abbasource.com, di mana calon peserta dari anggota HDMI bisa mendaftar dengan mencantumkan nomor keanggotannya, dan yang belum menjadi anggota HDMI akan secara otomatis menjadi anggota setelah mengisi form dan melengkapi ketentuan yang tercantum di portal tersebut.” jelas Ira di Jakarta, Senin (23/9/2019),

Karya-karya yang masuk akan diseleksi oleh team kurator yang terdiri dari berbagai praktisi di dunia desain dan interior, antara Iain, Fabianus K dan Noel Febry dari HDMI serta Diana Nazir, Principal Designer dari Artura lnsanindo.

“Kami juga akan mengajak satu orang dari para pendaftar yang lolos kutasi untuk ikut dalam pameran Salone del Mobile di Milan. lni merupakan kesempatan besar bagi desainer yang terpilih untuk bisa memasarkan secara langsung karyanya dan mendapat potensi exposure yang besar di Industti desain internasional,” tambah Ira.

“Hari ini kami meluncurkan www.abbasource.com, sebuah portal yang bertujuan untuk menjadi wadah bagi para desainer dan maker berbakat untuk membawa furnitur Indonesia yang berkualitas ke pasar global,” jelas Indra Febriansyah, Chief Community Officer dari abbasource.com

ABBASOURCE.COM akan berperan sebagai kendaraan untuk memasarkan karya-karya yang terpilih dalam OCIC 2019 ini di Pameran Salone del Mobile 2020 yang akan berlangsung dari tanggal 21 sampai 26 April 2020.

Di portal ini, para desainer mebel dan pembuat mebel yang sudah menjadi member dapat mengusulkan produk dan karya-karyanya di lini Co-Creator Zone. “Kami merupakan team yang terdiri dari sekumpulan praktisi sudah lama berpengalaman dalam produksi dan pemasaran produk – produk furnitur berkualitas, sehingga ABBASOURCE.COM dapat menjadi jembatan bagi desainer-desainer berbakat untuk bisa memproduksi desain-desain mereka dengan kualitas yang mampu bersaing secara global,” tambah Indra.

Potensi dan peluang tersebut yang menjadikan ABBASOURCECOM bersemangat untuk hadir sebagai PORTAL DIGITAL yang akan mengantarkan dan memasarkan karya Indonesia untuk pasar dunia.

Di dalam portal ini juga terdapat Iini Online Store yang merupakan etalase digital untuk memasarkan produkproduk karya desainer dan maker Indonesia agar bisa diakses oleh pasar global. Selain itu ABBASOURCE.COM juga memiliki lini Our Story yang memuat informasi dan kisah bagaimana sebuah produk dihasilkan hingga pengetahuan tentang fumitur dan pasar desain dunia.

Menurut catatan Nikkei 2018, pasar fumitur dunia memiliki total nilai transaksi sejumlah USS 480 milyar, diperkuat dengan survei dari USA Research and Markets, di mana industri furnitur dunia akan tumbuh sebesar 5.2% pada tahun 2018-2023. Data ini menunjukan peluang yang besar bagi Indonesia untuk masuk dalam pusaran industri furnitur dunia dengan menyodorkan produk berkualitas yang memiliki kekhasan tersendiri.

”Kita punya kekayaan material yang lengkap dengan keahlian craftsmanship yang andal. Produk handmade Indonesia dengan keahlian kerja tangan turun temurun mulai dari mengolah material kayu, rotan dan bambu, menenun, menganyam, hingga keahlian membuat keramik merupakan kekuatan kita untuk menembus pasar dunia.” tambah Diana Nazir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *