Proyek Strategis Bulog Disesuaikan dengan Fungsi

Proyek Strategis Bulog Disesuaikan dengan Fungsi

Lintas Bisnis.com Jakarta – Perum Bulog menyangkal adanya penundaan proyek strategis untuk meningkatkan jaminan ketersediaan, stabilitas pangan pokok seperti penggilingan padi modern (Modern Rice Milling Plant/MRMP), rice to rice dan lain sebagainya. Bulog melihat perlunya penyesuaian fungsi fasilitas yang akan dibangun dengan industrinya.

“Oleh karena ada pengubahan peruntukan (fungsi), sehingga kami harus minta izin kepada Kementerian BUMN. Setelah itu, kita segera proses,” ujar Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Bulog Imam Subowo mengatakan kepada Redaksi, Senin (23/9/2019).

Sebelumnya Bulog menargetkan konstruksi MRMP pada November 2017 di lima lokasi. MRMP merupakan bagian dari proyek pengembangan infrastruktur pascapanen Bulog dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp2 triliun dan Rp900 miliar dari dana internal Bulog. “Target akhir tahun, semua kontrak (mulai berjalan). Tahap konstruksi sudah harus jalan. Minimal, satu bulan ke depan (Oktober – Nopember),” tutur Imam.

Selain itu, proyek gudang modern juga akan segera dieksekusi. Keseluruhan perencanaan, Bulog akan membangun empat unit gudang modern di empat kota besar yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Makasar. “Sekarang ini, kami belum punya satupun (gudang modern). Yang sudah ada, hanya semi-permanen atau sementara. Proses sekarang, (proyek) masih tahap rancangan. Akhir tahun, konstruksi proyek akan dimulai,” tegas Imam.

Gudang modern sesuai peruntukan dibangun di pusat kota-kota besar, yakni Jakarta (Kelapa Gading), Makasar (kelurahan Panaikang), Surabaya dan Medan. Tanah sudah eksis seperti Kelapa Gading divisi regional (divre) Jakarta. “Ini kan untuk jualan, komersial seperti distribution center tapi ukuran besar. Orang bisa berbelanja, termasuk ada fasilitas RPK (rumah pangan kita). Siapapun boleh belanja. Tentu ada sistem pembayaran, seperti kartu (keanggotaan), bahwa ini supplier, toko, individu,” tutup Imam.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply