Cotton Day Indonesia Pertemukan Komunitas Fesyen dengan Pelaku lndustri Tekstil

Lintas Bisnis.com Jakarta – Untuk ketiga kalinya, Cotton Council International (CCI) asosiasi perdagangan nirlaba yang mempromosikan serat kapas AS (Amerika Serikat) mengadakan acara bertajuk “Cotton Day Indonesia’. CCI juga telah menghasilkan produk kapas manufaktur di seluruh dunia dengan merek dagang Cotton USA”.

Allcara tahunan kali ini mempertemukan berbagai stakeholder di industri tekstil, mulai dari produsen hingga pengguna hasil olahan tekstil di Indonesia. Cotton Day Indonesia tahun 2019 merupakan ajang bagi berbagai pelaku industri tekstil untuk menampilkan berbagai inovasi terkait bahan serat kapas
dengan kualitas terbaik.

Ajang tahunan Cotton Day Indonesia ini merupakan forum digagas . CCI sebagai komitmen untuk terus mengedukasi partner dan pelaku industri tekstil di Indonesia mengenai serat kapas asal Amerika Serikat.

Dalam Cotton Day Indonesia 2019 ini, CCI mengenalkan berbagai inovasi teknologi terbaru yang telah diaplikasikan melalui merek dagang Cotton USA untuk memproduksi serat kapas dan produk kapas manufaktur yang didistribusikan ke seluruh dunia. Selain itu, ajang tahunan yang diadakan oIeh Cotton USA juga menjadi wadah bagi para pelaku industri fesyen tanah air, mulai dari manufaktur tekstil di Indonesia, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, hingga komunitas mode tanah air.

Dengan adanya Cotton Day Indonesia yang secara konsisten dapat berkontribusi untuk kemajuan industri tekstil dan fesyen di Indonesia.

Ditemui di tempat yang sama, Bruce Atherley, Executive Director CCI menyampaikan, bahwa dengan komitmen menghadirkan kapas kualitas terbaik, Cotton Council International melalui merek dagang Cotton USA akan terus memberikan edukasi kepada setiap elemen terkait tekstil dan mode di se|uruh dunia, termasuk di Indonesia. Bruce meyakini, serat kapas yang telah menerapkan standar dan teknologi terbaru dapat memberikan berbagai keuntungan bagi para penggunanya.

“Dengan penerapan standar tinggi, serat kapas dengan merek dagang Cotton USA memiliki kualitas unggul karena menggunakan kualitas bahan baku yang unggul. Kapas asal AS memiliki bahan yang kuat dan lembut serta serat yang telah teruji.” terang Bruce.

“Kesimpulannya, kapas AS akan membuat hasil produk tekstil lebih berkualitas sebab semua tergantung dari bahan baku dan teknologi yang digunakan. Dan jangan berpikir untuk membeli kapas lebih murah akan tetapi belum teruji kualitasnya,” Lanjut Bruce.

Kolaborasi Desainer & lndustri Tekstil Dalam Fashion Show Cotton Day Indonesia 2019

Dalam momen yang sama, melalui ajang Cotton Day 2019, CCI juga mengadakan ajang fashion show yang mengangkat tema ”Cotton Day Indonesia 2019”. Di tahun yang ketiga ini, terdapat puluhan busana hasil kolaborasi antara 10 perusahaan tekstil dengan 10 desainer lokal di Indonesia serta 8 brand lokal dan internasional.

”Beberapa perusahaan tekstil yang berpartisipasi dalam acara Cotton Day Indonesia tahun 2019 ini diantaranya adalah PT. Apac lnti Corpora, PT. Argo Pantes Tbk, PT. Dan Liris, PT. Grand Textile Industry, PT. Hakatex, PT. Lucky Print Abadi, PT. Ocean Asia Industry, PT. Sri Rejeki lsman Tbk, PT Tantra Textile Industry, dan PT. Visionland Indonesia. Sementara itu, beberapa brand yang berpartisipasi pada agenda tahun ini diantaranya adalah EDWIN, EMBA, Bateeq, Edition, Foxcroft, Lekat, Shan Shan Huang, ZOE, Wastu, Salt n Pepper,” terang Andi.

Fashion show yang diadakan dalam Cotton Day Indonesia 2019 merupakan bentuk kolaborasi antara mills dan desainer lokal di Indonesia. Para kolabolator menampilkan karya terbaru dalam bentuk busana sehari-hari dengan bahan dasar serat kapas AS. Beberapa karya yang ditampilkan pada fashion show ini juga tidak lupa mengangkat berbagai kearifan lokal di Indonesia, yaitu batik. Selain itu, Cotton USA juga mengangkat tema muslim wear sehingga masyarakat umum Iebih mengenal kain dengan bahan kapas nyaman untuk dikenakan sebagai busana muslim di iklim tropis seperti di Indonesia.

Pada ajang Cotton Day Indonesia tahun ini, CCI juga memberikan sertifikat lisensi Cotton USA kepada beberapa perusahaan tekstil asal Indonesia yang telah memenuhi persyaratan dalam memproduksi serat kapas asal AS. Saat ini, Cotton USA telah mengeluarkan 50 lisensi bagi perusahaan di Indonesia. Di tahun 2019 ini, terdapat 10 perusahaan baru yang kami berikan Iisensi Cotton USA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *