Menteri Sosial Resmikan Pembangunan Workshop Disabilitas di Metland Cibitung

Menteri Sosial Resmikan Pembangunan Workshop Disabilitas di Metland Cibitung

Lintas Bisnis.com Cibitung – PT Metropolitan Land Tbk (Metland) melalul Yayasan Metropolitan Peduli (YMP) memfasilitasi penyandang disabilitas dengan Ability Hub, sebuah kompleks workshop mini diatas lahan seluas 5000 meter di Metland Cibitung.

Acara peletakan batu pertama dihadiri dan diresmikan oleh Menteri Sosial (Mensos) RI, Juliari P. Batubara hari ini, Senin (16/12).

Ability Hub merupakan wadah bagi penyandang disabilitas agar dapat menyalurkan keterampilannya memproduksi barang kerajinan dan konsumsi serta memasarkannya. Semua warga negara termasuk para penyandang disabilitas memiliki hak dan kedudukan yang sama di Iingkungan masyarakat.

OIeh karena itu, walaupun para disabilitas mempunyai keterbatasan mik, hal itu bukanlah hambatan untuk berkarya. ”Dengan memberikan bekal keterampilan usaha dan manajemen, kita bisa membantu penyandang disabilitas untuk dapat menghidupi dirinya sendiri, tanpa harus bergantung pada orang lain,” jelas Thomas J. Angfendy, Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk.

Menurut dia, akan ada 12 unit tempat usaha yang akan dibentuk galeri agar dapat dipamerkan dan dari 12 unit masih bisa eksten 5 unit, jadi total berjumlah 17 unit.

“Kita bangun tahap satu ada 12 unit tempat usaha, dimana ada tempat workshop, tempat mereka tinggal, untuk menaruh barang buat para karyawan bagi mereka yang melakukan produksi, selanjutnya dibentuk galeri untuk memamerkan hasil produksinya,” papar Thomas.

Peserta program Ability Hub sendiri merupakan para penyandang disabilitas yang sebeIumnya telah mendapatkan pembekalan keterampilan kerja dari Balai Besar Kementerian Sosial RI. Nantinya, para peserta Ability Hub akan dilatih untuk menjadi pelaku usaha atau entrepreneur dalam bidang produksi barang yang terkait dengan keterampilan yang dimilikinya, seperti industri pembuatan kaki atau tangan palsu, pembuatan hotel amenities, kerajinan tas, souvenir, goodie bag, pembuatan batik, percetakan ATK dan Iain sebagainva.

Selama program berjalan, para peserta akan mendapatkan pendampingan dan pembekalan pengetahuan dalam hal manajemen produksi, operasional, keuangan dan pemasaran selama maksimal 2 tahun.

Setelah periode tersebut, peserta program Ability Hub diharapkan untuk dapat menjadi pelaku usaha yang mandiri, sehingga dapat membuka usahanya di lokasi lain. Tempat yang ditinggalkan kemudian akan menjadi wadah bagi peserta-peserta Ability Hub yang baru.

Ability Hub sendiri dimaksudkan sebagai salah satu bentuk kontribusi Metland dalam kegiatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2019.

Melalui program ini juga, Metland turut mendukung para penyandang disabilitas dalam lingkup akses pemasaran untuk barang-barang yang telah diproduksi seperti menjalin kerjasama dengan berbagai marketing channel, mengikuti pameran dan eksibisi, serta bekerjasama dengan badan sosial internasional.

Adapun selain itu, pelaku usaha difabel dapat menggunakan lokasi usaha yang disediakan oleh Metland secara cuma-cuma, atau tanpa dikenakan biaya sewa.

Sementara itu, Mensos Juliari mengatakan, dengan sarana Ability Hub dipastikan dapat memberikan kontribusi konkrit untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Ada 22 juta penyandang disabilitas di Indonesia yang perlu dibantu.

“Ini membutuhkan support dari kita semua, baik dari pemerintah pusat yakni kami dan swasta. Jadi Ability Hub kami apresiasi sekali inisiatif dari Metland group. Ini bukan investasi jangka pendek tapi investasi dunia akhirat, investasi jangka panjang, investasi abadi. Supaya teman lain bisa juga membuat seperti ini agar ini bisa membawa dampak yang baik,” pungkasnya.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply