Pemkot Tangsel Respons Peluang Kerjasama Perindustrian, UMKM Dengan Wenling Zhejiang

Lintas Bisnis.com Jakarta – Peluang kerjasama industri dan perdagangan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dengan pihak lain, dalam dan luar negeri sangat terbuka, sambil menindaklanjuti, mengungguli UMKM (Usaha Modal Kecil dan Menengah) binaan yang sudah ada serta UMKM center di universitas/sekolah tinggi.

“Kami punya UMKM binaan di Pamulang, (yakni) produk alat penghemat listrik (home electric saver), dan sudah ekspor. Kami dorong terus melalui kegiatan networking seperti keikutsertaan kami pada virtual meeting Zhejiang (Wenling) export online trade fair (Indonesia – Water Pump) 2020,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten Deden Deni mengatakan kepada Redaksi, Kamis (2/7/2020).

Ekspor perdana electric saver (alat penghemat listrik) beberapa bulan yang lalu diawali dengan keikutsertaan UMKM pada pameran di gedung ICE Serpong. Pembeli dari luar negeri sempat mendatangi stan UMKM tersebut, dan ternyata berujung transaksi. Alat tersebut bisa mengurangi tarikan awal (arus listrik) peralatan seperti lampu, kulkas, komputer, mesin cuci, dan peralatan lainnya.

“Kami dorong terus UMKM untuk merambah pasar ekspor. Beberapa universitas, terutama Universitas Pamulang yang jumlah mahasiswanya terbanyak di Tangsel juga sudah membentuk UMKM center,” tegas Deden Deni.

Di tempat yang sama, Direktur pembangunan investasi Tangsel Dudung E. Diredja mengapresiasi undangan panitia Zhejiang (Wenling) Export Online Trade Fair 2020 kepada Pemkot Tangsel. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tangsel melihat penerapan sistem online pada pameran dagang Zhejiang relevan dengan skenario New Normal. Sebagaimana berbagai negara di dunia termasuk Indonesia terus mempercepat penangangan Covid pada aspek kesehatan, sosial-ekonomi.

“Kita perlu beradaptasi di tengah wabah covid dengan mengoptimalkan metode baru, seperti sistem online yang kita lakukan saat ini. Selain, Pemkot Tangsel dan pemerintah kota Wenling, Zhejiang akan terus meningkatkan komunikasi untuk berbagai peluang kerjasama untuk menggerakkan roda perekonomian kedua belah pihak,” kata Dudung E. Direja.

Acara Zhejiang Wenling export online fair 2020 dengan produk unggulan pompa air berlangsung selama sekitar tiga minggu (8/6 – 30/6). Export online fair diselenggarakan Wenling didukung berbagai asosiasi perdagangan Indonesia, dinas perdagangan Wenling, dilaksanakan oleh Yuanda EXPO Zhejiang. Pada acara penutupan (30/6) yang berlangsung secara virtual, hadir antara lain Sekretaris I (satu) bidang ekonomi dan perdagangan, Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, Pei Jianhua. Selain itu, Wakil direktur bidang perdagangan LN Dept perdagangan Zhejiang, Hu Xingyuan, anggota tetap komite partai kota, wakil walikota wenling, ibu Lan Jingfen, General Manager Zhejiang board international convention & exhibition, Chen cui

PT. Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT. PITS BUMD) saat ini memiliki tiga divisi anak perusahaan, yakni divisi pengelolaan air minum, pengelolaan  sampah dan transportasi, pengelolaan pasar. Selain itu, ada anak perusahaan PT PITS bidang IT (information technology). Berdasarkan peraturan daerah (Perda) No. 2/2013, PT PITS menjalankan usaha dapat membentuk kerjasama dengan pihak lain di dalam dan luar negeri. Pelaksanaan tugas melalui divisi pengelolaan air minum proyek SPAM Angke Tangerang Selatan dengan skema B2B, bertujuan melakukan pengadaan produksi air minum di Tangsel. Pemkot Tangsel berencana melaksanakan proyek instalasi pengambilan air baku (intake) dengan kapasitas 220 liter/detik. Instalasi pengolahan air minum direncanakan dibangun dengan kapasitas output 200 liter/detik. Konstruksi instalasi dengan pipa transmisi, reservoir dan fasilitas pendukungnya.

“Jaringan distribusi sistem pompa untuk menyalurkan air minum kepada sekitar 1.747.906 orang. Meskipun ada keterbatasan ruang, tapi hal tersebut bukan satu halangan (pembangunan instalasi). Saya berharap melalui pertemuan in menjadi awal kerjasama yang terus dapat digali secara mendalam, saling bersinergi antara kedua belah pihak,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *