ITB Ultah Satu Abad, Transformasi Pendidikan di Era New Normal

Lintas Bisnis.com Jakarta – Institut Teknologi Bandung (ITB) merayakan ulang tahun (ultah) 1 (satu) abad atau tepatnya yang ke-100 yaitu pada Jumat, 3 Juli 2020. Ungkapan ucapan banyak disampaikan oleh pejabat publik, seperti Presiden Joko Widodo memberikan ucapan dan harapan untuk ITB dalam Sambutannya di Sidang Terbuka ITB.

Beberapa Universitas ternama dari berbagai provinsi di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga serta universitas luar juga memberikan ucapannya termasuk salah satunya Masschusets Institute of Technology dan UC Barkeley, Amerika Serikat.

Belum sampai disitu, berbagai Menteri Republik Indonesia saat ini seperti Ibu Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, Bapak Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Budaya, Suharso Monoarfa sebagai Menteri BPN, Bapak Bambang Brodjonegoro Menteri Riset dan Teknologi, Bapak Teten Masduki sebagai Menteri Koperasi, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Perindustrian juga memberikan ucapannya untuk 100 Tahun ITB.

Tentunya alumni ITB seperti Ibu Yani Panigoro (EL’70) sebagai Ketua MWA ITB, Bapak Pramono Anung (TA’82) sebagai Sekretaris Kabinet RI dan Bapak Arifin Tasrif (TK’72) sebagai Menteri ESDM memberikan ucapannya untuk sang kampus tercinta. Komunitas dan Angkatan di ITB pun tidak lupa untuk ikut mengucapkan selamat kepada ITB seperti angkatan ITB’70, ITB’73 (Fortuga), ITB’90, Ikatan Alumni Jabar, Ikatan Alumni Elektro dan Komunitas Musik ITB dan masih banyak lagi.

Peringatan ulang tahun ITB yang ke-100 acara yang dibuka dengan acara Talkshow membahas “Transformasi Pendidikan di Era New Normal” dan “Kewirausahaan dan Industri Berbasis Teknologi” di isi oleh narasumber terkemuka Indonesia dari mulai Ibu Reini Wirahadikusumah selaku Rektor ITB saat ini, Bapak Ridwan Djamaluddin sebagai Deputi Kemnko Marves hingga Nyoman Andjani yang merupakan Alumni ITB yang saat ini sedang sekolah master di MIT ikut memperingati 100 Tahun ITB ini.

Di ultahnya tersebut, ITB menyelenggarakan Sidang Terbuka Peringatan Pendidikan Tinggi Teknik pada pukul 09.00 WIB yang dibuka oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D.

Selanjutnya acara ini diisi oleh pidato sambutan dari Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITB Yani Panigoro dan Ketua Senat Akademik (SA) Prof. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D.

Peringatan 100 Tahun ITB pun ditutup oleh sebuah konser musik yang persembahkan oleh para alumni ITB seperti Sam Bimbo (SR’61) dan Erwin Badudu (AR’76) pada tayangan “Bunga Rampai Insan Seni Budaya” serta Indra Herlambang (SR’95), Candil (SR’ 93) bahkan mengundang bintang tamu spesial yaitu Isyana Sarasvati pada tayangan “Variety Show : 100 Tahun ITB Bersama Berkarya Bagi Bangsa”.

Masih dalam rangka peringatan 100 tahun ITB, Majelis Wali Amanat (MWA) ITB mencanangkan program Satu Abad Satu Triliun (1A1T) untuk Dana Lestari ITB yang dikelola oleh BPUDL ITB.

Didukung Salam Ganesha, yaitu gabungan alumni muda yang berdedikasi untuk melaksanakan kampanye, sosialisasi penggalangan dana dilakukan dengan cara kreatif, yaitu menggunakan platform digital dan memanfaatkan media sosial untuk mengajak para philanthropy berkontribusi dalam pengembangan ITB.

Program ini berhasil menghimpun komitmen dana dari beberapa alumni sebesar Rp9.51 miliar dari 59 donatur. Sebagai bentuk penghargaan bagi para donatur, ITB bersama Salam Ganesha meresmikan pemasangan tile naming di fasilitas bersama kampus dengan mencantumkan nama-nama donatur tertentu di area Rotunda ITB.

Dengan usianya yang genap 100 tahun ini dan dengan banyaknya ucapan dan harapan yang datang dari berbagai lapisan masyarakat, ITB telah berhasil mengambil porsi yang besar dalam pembangunan Indonesia selama 100 tahun oleh karya putra putrinya. Acara ini juga merupakan sebuah momentum dimana ITB mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangkit dan siap melewati tantangan baru yang akan muncul di Era New Normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *