Cara Menggunakan Google Assistant Tanpa Membuka Kunci Ponsel

LINTAS BISNIS _ Google Assistant adalah aplikasi pendamping yang berguna untuk dimiliki smartphone atau tablet Android. Untuk benar-benar mengoptimalkan fitur handsfree pada Google Assistant, pengguna harus memastikannya dapat berfungsi, bahkan saat perangkat terkunci.

Beberapa fitur Google Assistant dilindungi di balik layar kunci, khususnya hasil tampilan apa pun yang bersifat pribadi seperti kalender, kontak, atau pengingat. Sehingga mencegah orang lain mengakses informasi pribadi melalui Google Assistant saat perangkat terkunci.

“Jika pengguna tidak khawatir dengan potensi masalah privasi tersebut, pengguna dapat mengizinkan hasil penelusuran personal saat layar perangkat pengguna terkunci. Pengguna tidak perlu membuka kunci perangkat untuk mendengar atau melihat tanggapan Google Assistant,” seperti yang dilansir dari How to Geek, Sabtu (6/3/2021).

Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Assistant dengan mengucapkan “Ok, Google” atau dengan menggeser dari pojok kiri bawah atau kanan. Selanjutnya, ketuk ikon Snapshot di sudut kiri bawah. Assistant UI mungkin terlihat berbeda, bergantung pada perangkat Android pengguna.

Pastikan pengguna masuk ke akun Google lalu ketuk ikon profil di kanan atas untuk membuka menu Settings. Pengguna akan melihat daftar panjang fitur Google Assistant. Klik pada menu Personalization dan aktifkan Lock Screen Personal Results. Untuk menggunakan fitur ini, menu Personal Results juga harus diaktifkan.

Setelahnya, pengguna dapat menggunakan Google Assistant tanpa membuka kunci ponsel. Saat pengguna bertanya kepada Google Assistant tentang acara kalender, pengingat, daftar belanja, atau mengirim pesan teks secara handsfree, pengguna tidak perlu membuka kunci layar terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *