Wajah Baru Ruang Publik Jakarta, Anies Resmikan JPO dan JPS Tematik Phinisi

LINTAS BISNIS – Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang dan Sepeda (JPO-JPS) Karet Sudirman, Jakarta Tematik Kapal Phinisi selesai dibangun dan telah dibuka untuk umum, Kamis (10/3/2022). Berbeda dengan sebelumnya, kini konsep jembatannya dapat dilewati oleh pengendara sepeda.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, JPO ini dirancang sejak 2019 dan pembangunannya dimulai bulan April hingga Desember 2021. Adapun alasan revitalisasi dilakukan karena kondisi JPO sebelumnya sudah tidak layak dan tidak aman untuk digunakan oleh masyarakat.

“Selain itu di sepanjang Jalan Sudirman hingga Simpang Senayan, tidak terdapat fasilitas putaran balik bagi para pengguna sepeda,” tutur Anies saat meresmikannya.

Ia berharap hadirnya fasilitas baru ini membuat Jakarta menjadi kota tangguh dan ulet, termasuk warganya, yang mencerminkan budaya sebagai kota global dan diperhitungkan di kancah internasional.

“JPO dan JPS ini kemudian menjadi satu tempat untuk mengekspresikan rasa hormat kita, penghargaan kita kepada para tenaga medis yang telah menjadi pertahanan terakhir kita, dalam menyelamatkan sesama. Sebagian dari mereka telah berpulang, dan nama-nama mereka dipatri permanen di tempat ini sebagai bentuk penghargaan,” tutur Anies.

Sebagai informasi, Jembatan Penyebarangan Orang dan Sepeda Karet Sudirman, Jakarta Tematik Kapal Phinisi berada tepat di sisi Selatan halte Transjakarta Karet Setiabudi.

Bila digambarkan, ada dua jembatan lurus dan melengkung menghubungkan sisi Barat dan sisi Timur tepian Jalan Sudirman.

Motif zig-zag berwarna merah dengan aksen hitam di bagian bawah jembatan juga memberikan ciri khas tersendiri terhadap JPO yang disebut mirip kapal phinisi jika dilihat dari atas. Kemudian di bagian sekitar tangga menuju anjungan atas terdapat ukiran 37 nama tenaga kesehatan Pemprov Jakarta yang gugur dalam menangani Covid-19

Terlihat juga jalur khusus dari halte Karet untuk langsung menuju JPO kapal phinisi.

Dari JPO, ketika menghadap Utara, masyarakat akan disuguhkan pemandangan gedung-gedung pencakar langit Jakarta yang berdiri di sepanjang Jalan Sudirman. Indofood Tower, Menara Topaz, hingga Hotel Grand Sahid Jaya sangat jelas terlihat.

Sementara itu, di sisi Selatan tampak siluet gedung yang dipotong bangunan lintas atas Jalan KH Mas Mansyur dan Jalan Layang Non-Tol Kampung Melayu-Tanah Abang.

Kemudian malam harinya, lampu LED berpendar di sepanjang jembatan, membuat JPO yang dibangun untuk memperingati tenaga kesehatan yang gugur dalam pandemi Covid-19 terlihat mencolok.