P&G Indonesia luncurkan P&G SOLVE, Kolaborasi Startup, Wirausahawan dan Korporasi

LINTAS BISNIS – Undang perusahaan rintisan (start-up), wirausahawan hingga korporasi dari lintas sektor maupun tingkatan untuk berinovasi dan kolaborasi, P&G Indonesia memperkenalkan P&G SOLVE, sebuah kompetisi inovasi pertama dari perusahaan FMCG global tersebut. P&G SOLVE bertujuan untuk mencari dan menciptakan solusi nyata dalam menjawab tantangan di industri FMCG yang luas dan cepat.

P&G SOLVE memiliki misi untuk merubah pola keterikatan perusahaan dengan mitra eksternalnya agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan menciptkan lingkungan yang lebih kolaboratif dengan semangat “Semua MENANG”.

P&G SOLVE memberikan kesempatan bagi para start-up, wirausahawan dan korporasi terpilih untuk mendapatkan Proof of Concept (PoC) atau bukti konsep1, Paid Pilot (program percontohan), serta kolaborasi dan akses dari P&G Indonesia untuk memajukan bisnis, memimpin arus perubahan pasar hingga menjawab kebutuhan konsumen yang semakin berkembang.

Saat ini, industri FMCG tengah menghadapi perubahan dan akselerasi cepat dari inovasi dan teknologi mulai dari Automatisasi, rantai pasokan, Sustainability hingga Kecerdasan Buatan yang mampu meningkatkan interaksi perusahaan dengan konsumen dan retailer.

“Inovasi sudah menjadi bagian dari DNA P&G sejak lebih dari 180 tahun lalu. Kami senang dapat memperkenalkan P&G SOLVE, sebuah inovasi yang bertujuan untuk merangkul ekosistem startup hingga organisasi besar melalui pendekatan Luar-Dalam sehingga bisa saling memberikan manfaat satu sama lain. Kami percaya pada potensi besar industri di Indonesia dapat memicu semangat kolaborasi demi mendorong inovasi dan menciptakan dampak bagi P&G dan masyarakat secara keseluruhan”ujar Presiden Direktur P&G Indonesia, LV Vaidyanathan.

Edisi pertama P&G SOLVE, P&G Indonesia berkolaborasi dengan Angel Investment Network Indonesia (ANGIN), jaringan investasi terbesar di Indonesia. Managing Director ANGIN, David Soukhasing mengungkapkan bahwa P&G SOLVE mengemban misi yang sama dengan ANGIN untuk menjembatani kesenjangan dalam ide-ide terobosan yang dapat memenuhi kebutuhan industry.

1 Proof of Concept (POC) atau Bukti Konsep diharapkan dapat membuktikan
realisasi metode serta ide yang
dimiliki para peserta P&G SOLVE ke dalam tantangan dan kebutuhan bisnis di dunia nyata.

LV Vaidyanathan menambahkan “Sejak didirikan di 2013, ANGIN bekerja sama dengan lebih dari 200 investor lokal dan asing terkemuka, dan melalui platform investasinya, telah menyaring lebih dari 6000 proposal. Oleh karena itu, Kami senang dapat bekerja sama dengan P&G Indonesia untuk memperkuat P&G SOLVE dan menciptakan program yang bermanfaat bagi para partisipan. Kami percaya P&G SOLVE akan membuka peluang untuk memajukan inovasi di industri FMCG, melalui aktivitas co-creation dan praktik terbaik yang dikerjakan bersama di program ini.”

“Dengan program yang dikembangkan secara serius, kami optimis P&G SOLVE akan mampu menjawab tantangan bisnis masa depan dan berkontribusi signifikan terhadap perkembangan teknologi maupun bisnis P&G Indonesia, sejalan dengan misi kami menjadi Kekuatan untuk terus Tumbuh,” tutup LV.

Rangkaian program P&G SOLVE terdiri dari; Engagement Day, Co-creation Session, dan Pitch Day. Selama program 1 bulan, peserta terpilih akan menghadiri Engagement Day sebagai kegiatan pertama sekaligus kesempatan untuk mulai berjejaring dengan para pemimpin dan ahli, dan selain itu, terdapat sesi 1-on-1 dengan para pakar dari P&G Indonesia. Di akhir program, para peserta harus mengajukan solusi.

Para peserta bisa mendaftar di www.pgsolve.com hingga 20 April 2022. Sejalan dengan misi P&G dalam kesetaraan gender, kami juga sangat mendorong para pemimpin dan pemilik bisnis untuk bergabung.