Komunitas Mangrove Jakarta Bersama Pengurus PPAL Wanachala Atma Jaya Lakukan Aksi Tanam Mangrove Di Pulau Sampah

LINTAS BISNIS – Sejumlah aktivis dari Komunitas Mangrove Jakarta bersama mahasiswa pengurus dari PPAL Wanachala Atma Jaya melakukan penanaman magrove di Pulau Sampah, Muara Sungai Cisadane, Tangerang Sabtu (21/05/2022).
Sejumlah 110 bibit berhasil ditanam pada acara Mangrove4Earth kali ini, yang diharapkan mampu meminimalisir kerusakan lingkungan pada Pulau Sampah. Selain itu, peserta juga diberikan edukasi perihal perawatan dan pentingnya menjaga kelestarian ekosistem pesisir melalui mangrove.

Mangrove yang ditanam merupakan salah satu jenis mangrove Rhizophora, yakni tanaman bakau yang memiliki ciri berupa akar tunggang besar dan berkayu. Akar mangrove jenis ini menancap kuat ke dalam tanah sehingga dapat juga berfungsi sebagai penahan abrasi.

Ketua acara dari PPAL Wanachala Atma Jaya, Phillip Dave mengatakan aksi yang bertajuk “Mangrove4Earth” ini sebagai gerak nyata dari pengurus dalam meningkatkan awareness terhadap kesadaran lingkungan.

“Kami berharap setelah dilakukannya acara ini dapat meningkatkan kesadaran lingkungan dan meningkatkan pengetahuan atas banyaknya manfaat dari konservasi mangrove terkhusus bagi anggota muda dan pengurus PPAL Wanachala Atma Jaya yang bergabung.”

Senada dengan Philipp, Co-Founder dari Komunitas Mangrove Jakarta, Bayu Pamungkas mengungkap bahwa banyak manfaat dari terjaganya ekosistem mangrove.

“Ekosistem hutan mangrove mampu melindungi pesisir pantai dan tebing sungai dari erosi dan abrasi, menahan sedimen untuk pembentukan lahan baru, serta dapat menjadi salah satu upaya dalam menahan bencana gelombang tsunami pada daerah pesisir pantai.” Ucapnya.

“Hutan mangrove juga mampu menyimpan dan menyerap karbon sebanyak 4-5 kali lebih banyak dari hutan tropis daratan, yang pada akhirnya sangat bermanfaat baik secara ekologis maupun ekonomis” Tutupnya.

Komunitas yang berfokus pada lingkungan ini juga membuka kesempatan kepada kalangan umum untuk berpartisipasi dalam pelestarian alam dengan menyalurkan sebagian dana melalui platform KitaBisa.com, dimana dana yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan penanaman mangrove selanjutnya serta kegiatan lingkungan lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut dan kerjasama dapat mengunjungi www.mangrovejakarta.id atau menghubungi Komunitas Mangrove Jakarta melalui email info@mangrovejakarta.id. Informasi seputar kegiatan terbaru lainnya juga dapat diikuti melalui laman sosial media Instagram @mangrovejakarta.id atau Facebook Mangrove Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *