Ayam Sampyok, Kuliner Khas Betawi Ala ASTON Priority Simatupang

LINTAS BISNIS – Sebagian masyarakat Indonesia mungkin belum begitu familiar dengan menu Ayam Sampyok. Kuliner yang satu ini berasal dari suku Betawi yang berakulturasi dengan budaya Tionghoa dan kerap kali dihidangkan saat menyelenggarakan acara hajatan oleh masyarakat Betawi Kota. Penamaan “Sampyok” memiliki makna disiram atau dilumuri, dengan demikian Ayam Sampyok secara harfiah merupakan hidangan olahan Ayam yang disiram dengan berbagai bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang dominan gurih asin.

Walaupun masih jarang ditemukan di berbagai restoran maupun gerai kuliner lainnya, menu Ayam Sampyok dapat ditemui di Kencana Lounge yang terletak di lantai 2 hotel ASTON Priority Simatupang. Sekilas tampilannya seperti ayam panggang atau ayam bakar, namun teknik memasak Ayam Sampyok berbeda dengan ayam panggang lainnya. Menurut Muhamad Saman, Executive Chef hotel ASTON Priority Simatupang atau yang biasa disapa dengan “Chef Saman”, diperlukan dua kali proses dalam membumbui dengan berbagai bumbu rempah-rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang khas meresap hingga ke dalam daging.

“Memasak Ayam Sampyok ini terbilang cukup unik, karena harus melalui proses membumbui sebanyak dua kali agar rasanya dapat meresap sampai kedalam daging ayam. Bumbu-bumbu yang digunakan yaitu cabai merah keriting, cabai rawit merah, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, merica, ketumbar, garam, gula merah, jeruk nipis, dan lain sebagainya” kata Muhamad Saman, Executive Chef ASTON Priority Simatupang

Adapun metode memasak yang disampaikan oleh Chef Saman adalah sebagai berikut:

Bahan utama dalam hidangan ini menggunakan ayam pejantan yang dipotong sebanyak empat bagian, kemudian potongan tersebut dilumuri air jeruk nipis, garam, dan didiamkan selama dua puluh menit di dalam lemari es atau lemari pendingin

Panaskan minyak, tumis bawang merah, dan serai hingga harum

Tambahkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas, kemudian tumis hingga harum

Masukan ayam yang telah dibumbui selama dua puluh menit tersebut, aduk hingga berubah warna.

Tambahkan garam, gula merah, santan, dan kacang tanah. Aduk bumbu hingga meresap. Angkat ayam dan biarkan dingin

Bakar ayam di atas grill pan atau bara api hingga berbau harum

Angkat, dan Ayam Sampyok siap disajikan bersama dengan nasi hangat dan lalapan.

“Ayam Sampyok ini termasuk salah satu menu yang direkomendasikan di ASTON Priority Simatupang, karena saat ini masih jarang sekali ada gerai kuliner yang menghadirkan menu khas Betawi ini, masyarakat juga masih jarang yang mengetahui walaupun tinggal di Kota Jakarta, padahal rasanya unik, gurih, sangat tepat dijadikan salah satu menu primadonanya Jakarta” Tambah Chef Saman.