500 Peserta Siap Ramaikan Lomba Triathlon Summarecon Serpong

IMG_20170202_122751

Lintas Bisnis. com Jakarta – Triathlon Buddies, merupakan komunitas triathlon terbesar di indonesia, kembali mempersembahkan acara tahunannya -Triathlon Buddies Sth Anniversary, pada Sabtu, 4 Februari 2017, yang berpusat di The Springs Club, Summarecon Serpong, Tangerang.

Triathlon, yang menggabungkan tiga olahraga yaitu, renang, sepeda dan lari, adalah salah satu olahraga yang memiliki perkembangan paling pesat di dunia, dan tidak terkecuali di indonesia. Pada tahun 2005, hanya ada satu event triathlon di Indonesia, yaitu Bintan Triathlon. Pada tahun 2016, ada 12 event triathlon…

“Triathlon Buddies atau disingkat Tribuddies berdiri pada awal 2012, dan setiap ulangtahun kami selalu menyelenggarakan semacam latihan bersama. Awalnya hanya 57 orang pada tahun 2013, dan pada penyelenggaraan yang ke-5 ini, jumlah peserta hampir 9x lipat”, ujar Race Director Triathlon Buddies 5th Anniversary, Chia Harijanto di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Chia Harijanto menambahkan tujuan diadakannya event Anniversary Triathlon adalah untuk memperkenalkan triathlon kepada lebih masyarakat ,

“Jadi kalau biasanya seseorang itu jago lari, tapi ga jago renang, atau jago renang tapi gak ahli sepedaan, nah di Tribuddies Anniversary Tri diperkenalkan gimana sih melakukan ketiganya secara berurutan, jadi banyak sharing ilmu juga,” ujar Chia

Hingga saat ini sudah terdaftar 500 peserta dengan perincian 310 peserta dewasa pemula dan 190 peserta anak-anak. Tahun lalu, jumlah peserta di kelompok anak-anak adalah 156 orang, artinya, tahun ini jumlah peserta anak-anak meningkat lebih dari 20 persen. “Tahun ini jumlah peserta dewasa lebih sedikit daripada tahun lalu, karena tahun ini untuk kelompok dewasa, pesertanya strict/y untuk newbie alias mereka yang belum pernah ikut lomba triathlon. Kalau tahun lalu, di kelompok dewasa diikuti oleh newbie dan mereka yang pernah ikut lomba triathlon,” papar Chia.

Pada event Anniversary Triathlon 2017, Chia dibantu oleh Arian Lukman, sebagai Technical Director Newbie, dan Johannes Tedjo, sebagai Technical Director Kids.

Anniversary Triathlon 2017 memiliki enam kategori &= Kids A, untuk 5-7th, Kids B untuk 810th, Kids C 11-13th, Kids D 14-16th, Fast Kids 11-16th dengan jarak lebih jauh, dan Newbie untuk 17th ke atas. Jarak lomba disesuaikan dengan usia masing-masing kelompok. “Saya ingin para peserta Anniversary Triathlon jatuh cinta pada olahraga ini, sebagaimana saya dulu ketika berhasil menyelesaikan triathlon pertama saya. Terutama untuk anak-anak, saya ingin mereka bisa menikmati dan pada akhirnya menyenangi olahraga triathlon”.

Pemilihan lokasi event di The Springs Club adalah karena fasilitas yang lengkap dan kawasan yang aman. “T he Springs Club memiliki kolam renang berukuran olympic, iintasan bersepeda dan lari di kawasan permukiman Summarecon Serpong, sehingga relatif lebih aman bagi peserta lomba.”

Start awal lomba ini akan dilakukan pada pukul 05.45 WIB dengan melepas peserta dari kategori Fast Kids. Disusul berikutnya start untuk kategori Kids D, Kids C, Kids B, dan Kids A. Terakhir, kategori Newbie akan melakukan start pada pukul 07.30 WIB. Jika Anda adalah peserta lomba ini, atau yang ingin menyaksikan atau memberikan dukungan pada peserta Triathlon Buddies Sth Anniversary, pastikan datang lebih awal karena pada 05.30 jalanan di area perlombaan akan mulai ditutup.

Selain event triathlon, pada Anniversary Triathlon 2017 juga digelar expo, yang diramaikan oleh berbagai exhibitor perlengkapan renang, sepeda, lari, serta makanan sehat.

“Kami berharap penyelenggaraan acara ini akan mendorong triathlon agar lebih dikenal masyarakat dan makin berkembang di Indonesia. Didukung oleh semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga bagi kesehatan, saya yakin hal itu akan tercapai” pungkas Chia. (hdt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *