Siapkan Si Kecil Tangguh, Nutrilon Royal Hadirkan Raise Them Ready Roadshow

Lintas Bisnis.com Surabaya – Nutricia melalui Nutrilon Royal menghadirkan Raise Them Ready Roadshow sebagai ajang berbagi inspirasi dan edukasi. Hal itu sangat penting bagi orangtua untuk mempersiapkan si Kecil agar tangguh dalam menghadapi masa depan.

Dengan disajikan melalui talkshow dan family date bersama dokter anak dan psikolog, membahas pentingnya asupan nutrisi, stimulasi, dan pemberian kegiatan bermakna (purposeful exposure) agar si Kecil tumbuh menjadi karakter yang tangguh dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Jeannette Giovani selaku Brand Manager Nutrilon Royal mengatakan, bahwa dengan cepatnya perkembangan dunia saat ini, ketangguhan si Kecil tidak hanya bergantung dari fisik saja, tetapi juga dibutuhkan stimulasi tepat dan pengembangan karakter yang kuat.

“Nutrilon Royal percaya bahwa proses belajar yang paling efektif adalah dengan praktek langsung, maka Raise Them Ready Roadshow kali ini kami hadirkan di Surabaya sehingga para orangtua bisa langsung belajar dari ahlinya. Mereka juga dapat ikut serta dalam rangkaian aktivitas orangtua dan anak untuk mengasah karakter tangguh si Kecil, belajar bagaimana mendampingi anak menjadi gigih dengan siap jatuh dan bangun lagi, menjadi berani dengan menghadapi ketakutannya, dan belajar menghadapi situasi asing,” ujar Jeannette.

Melalui kegiatan edukasi Resilience Talkshow bersama dokter spesialis anak dan psikolog dan Purposeful Family Date bersama RockStarGym dan Rumah Dandelion, para orangtua diharapkan dapat mengenal anak mereka dengan lebih baik sekaligus mendapatkan inspirasi bagaimana cara yang paling tepat dalam membimbing tumbuh kembang anak.

Hal ini juga disampaikan oleh dr. Mira Irmawati, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak bahwa banyak faktor penting yang berperan dalam perkembangan seorang anak.

“Genetik, nutrisi, lingkungan termasuk stimulasi, adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh orangtua. Stimulasi ini sangat penting karena mendukung perkembangan anak untuk memastikan kematangan fungsi tubuhnya seperti motorik halus, motorik kasar, bahasa, sosial & kemandirian, fisik, kreativitas, hingga kognitif,” ungkap Mira.

Tetapi perlu diperhatikan bahwa stimulasi melibatkan multi-sensorik dan besar kemungkinan si Kecil akan terpapar kuman dan benda asing lainnya. Maka dari itu, pemberian kegiatan bermakna perlu diikuti oleh daya tahan tubuh yang kuat dan kemampuan berpikir yang baik agar mereka dapat siap mengeksplorasi lingkungan dan mempelajari berbagai hal baru. A
Sistem daya tahan tubuh yang baik ini dapat dibangun sejak awal melalui pemenuhan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya,” jelas Mira.

Sejalan dengan fisik anak, faktor penting lain yang berperan besar bagi si Kecil untuk tangguh menghadapi masa depan adalah karakter. Hal ini dibenarkan oleh Ajeng Raviando, Psi. , M.Si selaku Psikolog Anak & Keluarga, yang menekankan pentingnya penanaman karakter sejak dini.

“Karakter yang tangguh sejak usia dini akan mempersiapkan si Kecil dalam menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam hidup seperti kegagalan, stress, tantangan, lingkungan baru, yang tentunya akan memberikan pengalaman hidup bermakna bagi mereka,” ungkap Ajeng.

Menurutnya, terdapat lima karakter tangguh atau resilient character yang sebaiknya diasah sejak dini yaitu berani, percaya diri dan mau mengambil resiko; mandiri, tidak bergantung pada orang lain; gigih, mau berusaha melakukan sesuatu sampai selesai; adaptif, mudah menyesuaikan diri di setiap situasi; dan banyak akal, bisa bertindak cepat dan efektif di bermacam situasi dan pandai mencari solusi.

Pengembangan karakter tangguh dapat dilakukan melalui pemberian stimulasi melalui pengalaman baru atau kegiatan bermakna bagi anak, dengan harapan akan terjadi transformasi yang terukur dalam diri anak , misalnya setelah melakukan permainan flying fox anak terlihat bersemangat dan lebih berani untuk mencoba permainan lainnya tanpa perlu didorong oleh orangtua. Ajeng menambahkan bahwa kegiatan bermakna dapat dilakukan dan disesuaikan di setiap fase usia anak.

“Misalnya pada usia 1 tahun ke atas, anak dapat diajak untuk bermain di luar ruangan, usia 2-3 tahun anak dapat diajarkan berbagai kemampuan baru seperti naik sepeda dan berenang, lalu pada usia 4-6 tahun anak bisa diajak berjalan-jalan ke alam terbuka seperti gunung dan pantai. Dengan kekebalan tubuh yang baik, Ibu tidak perlu khawatir untuk memperkenalkan stimulasi terutama pada luar ruangan untuk pembentukan karakter tangguh si Kecil,” jelas Ajeng.

Surabaya terpilih menjadi kota ke-dua di mana Nutrilon Royal melanjutkan rangkaian acara dalam Raise Them Ready Roadshow yang sebelumnya telah diadakan di Jakarta pada tanggal 28 April lalu. Sebagai kota yang meraih penghargaan Kota Layak Anak 2018 untuk kategori utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, diharapkan kegiatan Resilience Talkshow dan Purposeful Family Date ini dapat menginspirasi keluarga Surabaya untuk semakin mendorong anak mereka menjadi pribadi yang tangguh dan berprestasi.

Berupaya untuk mendampingi orangtua dalam menentukan cara terbaik untuk melatih karakter anak, Nutrilon Royal juga memperkenalkan One Step Ahead Academy yang diperbarui dengan fitur baru tes karakter tangguh (Tes Resiliensi) untuk mengidentifikasi karakter si Kecil yang dapat diakses di www.onestepaheadacademy.com/tesresiliensi.

Tes karakter ini melengkapi tes keterampilan yang sudah diluncurkan sejak 2018 untuk menemukan potensi lewat 6 jenis keterampilan, yaitu kognitif, verbal, motorik halus, kreatif, interaktif dan fisi, yang bertujuan untuk membantu orangtua untuk mengidentifikasi kemampuan anak mereka.

Selain acara talkshow dan family date, Nutriclub juga memiliki program menarik yang bekerjasama dengan e-commerce Lazada. Dalam rangka Lazada Super Brand Day bersama Nutrilon, setiap pembelian produk Nutrilon hanya pada tanggal 19 Juli berkesempatan untuk memenangkan Family Summer Camp Trip di mana orangtua dan anak dapat mengikuti berbagai kegiatan yang akan mengasah ketangguhan anak. Akan dipilih 5 pasang Ibu dan Anak dari Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand untuk menikmati pengalaman keluarga tak terlupakan selama 3 hari 2 malam di Khao Yai National Park Thailand, di mana mereka dapat ikut serta dalam kegiatan pengembangan karakter oleh tim professional di alam terbuka.

“Kami percaya bahwa peran keluarga sangat penting dalam menentukan kesiapan anak hadapi masa depan, dan harapannya rangkaian acara Raise Them Ready Roadshow ini dapat semakin menginspirasi para orangtua untuk mengembangkan karakter tangguh anak, membuat mereka juga merasa aman dan tenang bahwa anak-anak mereka akan siap menghadapi kehidupan yang semakin kompleks dan berubah ini,” tutup Jeannette.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *