Peduli Lingkungan, Paundra Hanutama: Jaga Fungsi Ekologis Hutan Mangrove

LINTAS BISNIS – Salah satu potensi sumber daya laut Indonesia atau sumber daya maritim Indonesia adalah hutan mangrove atau hutan bakau.Hutan mangrove atau hutan bakau adalah tipe hutan yang berada di daerah pasang surut air laut.

Saat air pasang, hutan mangrove digenangi air laut. Saat air laut surut, hutan mangrove bebas dari genangan air laut.

Umumnya, hutan mangrove berkembang dengan baik di pantai yang terlindung, muara sungai atau laguna. Dua fungsi hutan mangrove sebagai potensi sumber daya laut di Indonesia adalah fungsi ekologis dan ekonomis.

Fungsi ekologis hutan mangrove adalah sebagai habitat (tempat hidup) binatang laut untuk berlindung, mencari makan, dan berkembang biak, melindungi pantai dari abrasi air laut.

Fungsi ekonomis hutan mangrove berupa nilai ekonomis dari kayu dan pepohonan dan makhluk hidup yang ada di dalamnya.Hutan Mangrove sangat penting bagi terjaganya keberlangsungan lingkungan hidup ,melihat pentingnya hutan mangrove pada tahun 2014, Paundra Hanutama Director of Marketing Communication ASTON Simatupang mulai tertarik melakukan kegiatan konservasi, Setelah ia mengenal dan mengetahui betapa penting dan banyaknya manfaat dari pohon mangrove.

“Hutan mangrove sangat penting bagi lingkungan, selain bisa menyimpan karbondioksida sebanyak 5 kali dari pohon lindung, dan juga pohon ini bisa membantu mengurai abrasi juga terjadinya bahaya tsunami,” kata Poundra.

Karena semakin banyak yang bergabung maka dibentuklah sebuah wadah Mangrove Jakarta Community yang bertujun ingin mengajak anak muda khususnya dan masyarakat jakarta umumnya untuk bergabung menyelamatkan bumi dari climate chnage dengan menanam pohon mangrove khususnya dipesisir laut di Jakarta.

“Kita ada program volunteer dan kita buka partnership atau kerjasama dengan pihak ketiga. Saat ini, kita fokus pada penanaman utama pada bulan januari (Bulan lingkungan hidup) dan juga bulan Juli tepatnya 26 Juli – Hari Mangrove Sedunia. Selain itu kami juga mempunyai program tik-talk sebuat talkshow dan podcast selama kurang lebih 8 menit dengan mengundang aktivis, pengiat dan peduli mangrove untuk memberikan cerita, pesan dan juga ajakan untuk menanam mangrove,imbuhnya.

Mangrove Jakarta Community sebagai fasilitator dan juga rekan kerja dalam kegiatan CSR atau event yang berhubungan dengan lingkungan, climate change dan tentunya mangrove.

“Kedepannya kami menargetkan merestorasi hutan mangrove di Jakarta khususnya, dengan harapan setiap orang sedikitnya menanam satu pohon sesuai dengan salah satu campaign kita “one man, One mangrove” Selanjutnya dalam waktu dekat kita akan membuat buku panduan mangrove di Jakarta dan membuat film dokumenter tentang hutan mangrove,” tutup Poundra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *