Komitmen Bank DBS Indonesia Utamakan Employee Wellbeing di Tengah Pandemi

LINTAS BISNIS – Seiring dengan meningkatnya jumlah angka positif kasus COVID-19, yang mana rata-rata selama tujuh hari terakhir mencapai lebih dari 37.000 kasus per hari, banyak perusahaan kembali menerapkan sistem Kerja dari Rumah (Work From Home, WFH). Sebagai purpose-driven bank atau bank yang digerakkan oleh tujuan positif, Bank DBS Indonesia senantiasa berkomitmen dalam menjunjung tinggi keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi atau work-life balance dengan menerapkan kebijakan yang mengakomodir kebutuhan karyawan di tengah pandemi.

“Kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan karyawan terutama di masa pandemi seperti saat ini sangatlah penting dan kami optimistis dapat melaluinya bersama-sama. Pada prinsipnya, kami menerapkan upaya menjaga kesehatan karyawan secara holistik yang terintegrasi ke seluruh elemen perusahaan termasuk budaya dan model operasional. Kami menggabungkan informasi tentang riset kesehatan pada tempat kerja dan mendengarkan masukan dari internal sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk membuat karyawan tetap produktif dan puas akan layanan yang diberikan oleh perusahaan,” kata President Director of PT Bank DBS Indonesia, Paulus Sutisna.

Memasuki tahun kedua masa pandemi ini, Bank DBS Indonesia secara konsisten melakukan berbagai upaya yang dapat mengurangi dampak COVID-19 baik untuk kalangan internal maupun ke komunitas, di antaranya:

Sentra Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Booster Bank DBS Indonesia

Pada tanggal 12 Februari dan 12 Maret 2022 lalu, Bank DBS Indonesia bersama dengan Kimia Farma kembali menggelar program “Sentra Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Booster Bank DBS Indonesia” di Jakarta dan menjadi salah satu Bank pertama yang menyelenggarakan kegiatan vaksinasi ketiga (booster). Program vaksinasi dosis ketiga (booster) Sinopharm ini ditujukan bagi karyawan Bank DBS Indonesia dan anggota keluarga yang sebelumnya telah mengikuti program VGR pertama dan kedua. Program vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank DBS Indonesia terhadap kesehatan karyawan dan anggota keluarganya, serta mendukung upaya pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi nasional demi terciptanya kekebalan komunal (herd immunity) di Indonesia. Sebelumnya, Bank DBS Indonesia telah mengadakan program VGR pertama pada 19–20 Juni 2021, 23–26 Juni 2021 dan kedua pada 27-28 Agustus 2021. Di luar itu, Bank DBS Indonesia juga mengadakan program vaksinasi mingguan mulai dari 18 September 2021 sampai dengan 10 Januari 2022 bagi yang belum melakukan vaksinasi demi memastikan seluruh karyawan dan anggota keluarganya Bank DBS Indonesia mendapatkan vaksinasi.

Memastikan kesehatan dan mengedukasi karyawan melalui holistic employee wellbeing program

Bank DBS Indonesia secara rutin mengadakan acara Health Talk bagi karyawan dengan menghadirkan pakar kesehatan sehingga karyawan mendapatkan informasi terkini seputar isu kesehatan. Pada tahun 2021, rangkaian Health Talk dibagi ke dalam empat kategori besar berdasarkan kuartal, yaitu: Stay Well, Save Well, Live Well, dan Eat Well, di mana tema-tema yang dibawakan juga berkaitan erat dengan kategori tersebut.

Setiap materi yang disajikan, dikupas tuntas oleh pakar kesehatan yang memiliki pengalaman dan terpercaya di bidang terkait, termasuk dengan juru bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Jubir Kemenkes RI), dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, kemudian, Kepala Seksi Surveillance Epidemiology and Immunization Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Ngabila Salama dan masih banyak pakar lainnya yang berpengalaman di bidangnya. Tak lupa, Bank DBS Indonesia selalu menginformasikan perkembangan terbaru mengenai Covid-19 untuk memperkaya wawasan karyawan Bank DBS Indonesia mengenai bahaya dari Covid-19 dan penanggulangannya.

Di tahun 2022 ini, Bank DBS Indonesia akan berfokus kepada employee wellbeing yang diawali dengan topik yang sedang hangat mengenai bahaya dan cara menjaga diri dari varian Omicron. Diharapkan dengan kehadiran Health Talk, karyawan Bank DBS Indonesia memiliki pengetahuan yang semakin luas sehingga dapat lebih waspada menjaga kesehatan tatkala menghadapi masa pandemi.

Kami memahami pandemi telah menghilangkan batasan yang jelas antara work dan personal sehingga tanpa disadari dapat menyebabkan seseorang mengalami mental health challenge. Kami ingin rekan-rekan di Bank DBS Indonesia memahami bagaimana cara menjalankan self-care karena semua akan dimulai dari diri sendiri dan unik untuk masing-masing individu. Apa itu self-care? Mengapa itu penting? Mempraktikkan self-care berarti mengambil inisiatif untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional diri sendiri. Self-care akan berbeda untuk setiap orang karena masing-masing individu mendapatkan energi dari hal-hal yang berbeda, misalnya melakukan sesi latihan fisik, melakukan latihan meditasi harian, menghabiskan hari di pantai, menjalankan hobi menulis jurnal, atau bahkan satu jam tidak melakukan apa pun untuk menjernihkan pikiran. Ini bukan tentang apa yang dilakukan, melainkan lebih menjurus kepada bagaimana perasaan ketika melakukannya. Bank DBS Indonesia mengadakan ‘Your Mind Challenge’, kompetisi yang dapat diikuti oleh seluruh karyawan dengan sangat mudah, dimulai dengan kebiasaan untuk melakukan refleksi diri dan mencatat bagaimana meng-handle stress dan bagaimana mempertahankan positive-mood diri sendiri dalam aplikasi ihealth Well setiap harinya sehingga dapat menemukan apa yang dapat menyegarkan diri sendiri dan dapat merancang kebiasaan self-care untuk mulai memprioritaskan kesejahteraan diri sendiri.

Di tahun 2022 ini juga Bank DBS Indonesia meningkatkan coverage asuransi bagi karyawannya dengan memberikan fasilitas imunisasi bagi anak tanpa batasan usia (untuk tahun-tahun sebelumnya, anak dibatasi sampai usia 13 tahun), serta dapat meng-claim pengeluaran yg berhubungan dengan kesehatan tanpa batasan limit dengan tidak diperlukannya lagi dokumen asli (untuk tahun-tahun sebelumnya maksimum limit sebesar Rp1.500.000 untuk proses claim tanpa disertai dokumen pendukung asli) untuk lebih menyederhanakan proses.

Menjalin keakraban dengan sesama karyawan melalui Radio Together FM

Untuk menjaga dan mempererat keberlangsungan komunikasi antar karyawan, Bank DBS Indonesia menyediakan program radio internal Together FM sebagai bagian dari penerapan Together Movement, sebuah inisiasi dari Bank DBS Indonesia selama masa bekerja jarak jauh dalam memastikan komunikasi antar karyawan tetap terjaga dengan baik. Together Movement ini mengajak karyawan untuk bisa menerapkan nilai Talk, Organize, Grow, dan Express (T-O-G-E), bagi team member, serta perilaku Trust, Huddle, Empathize, dan Resourceful (T-H-E-R) untuk para team leader/people manager.

Program Together FM ini bertujuan untuk tetap menghubungkan para karyawan di tengah kondisi pandemi yang mengharuskan adanya sebagian karyawan bekerja dari rumah dan sebagian lagi di kantor dengan bertukar sapa, lagu, pesan-pesan atau hanya saling berkomentar terhadap topik siaran, melakukan kegiatan secara individual maupun berkelompok secara virtual, yang bertujuan untuk mempertahankan employee engagement, serta solidaritas karyawan yang baik sehingga tetap terciptanya hubungan kerja yang harmonis. Selain itu, Together FM juga mengikutsertakan program kemanusiaan People of Purpose dalam beberapa sesinya yang bertujuan untuk mempertahankan nilai kemanusiaan karyawan. Selama pandemi ini, segala aktivitas Together FM ini dilakukan secara virtual dan dikaitkan dengan tema-tema yang relevan, seperti ulang tahun Bank DBS Indonesia, perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Sumpah Pemuda, hingga Family Day.

“Together Movement, yang salah satunya diwujudkan melalui Together FM, bertujuan untuk membuka ruang diskusi bagi para karyawan serta membangun komunikasi yang hangat dan terbuka antara karyawan agar tujuan bersama dapat tercapai lebih cepat. Harapannya, karyawan Bank DBS Indonesia semakin terbiasa dan lugas untuk menyampaikan feedback atau saran yang membangun, baik kepada sesama karyawan, karyawan dengan atasannya, bahkan dengan jajaran manajemen serta perusahaan terlepas dari situasi pandemi saat ini,” ungkap Head of HR PT Bank DBS Indonesia, Aries Sunu.

Komitmen nyata ini telah membawa Bank DBS Indonesia dalam meraih penghargaan sebagai “The Best HR Management for The Outstanding HR Transformation Initiatives” untuk kategori “International Bank” oleh Warta Ekonomi Indonesia Human Resources (HR) Awards 2021 dan Best Employer dari Kincentric untuk dua tahun berturut-turut (2020 – 2021).