Mengungkap Prospek Kendaraan Listrik di PEVS 2023

LINTAS BISNIS – Hari kedua acara PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi berkendara dengan teknologi canggih. Dalam rangkaian acara yang berlangsung, pengunjung diberikan kesempatan unik untuk melakukan test drive dan test ride kendaraan listrik terkini, menguji performa dan keunggulan fitur yang ditawarkan. PEVS 2023 menawarkan wawasan dengan memberikan gambaran yang jelas tentang tren dan minat konsumen terhadap kendaraan listrikdi pasar Indonesia.

PEVS 2023 menjadi panggung yang luar biasa bagi semua pemangku kepentingan terkait kendaraan listrik. Dalam pameran ini, mereka dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan inovasi untuk mendorong transisi yang lebih cepat dan berkelanjutan menuju kendaraan listrik.

Rudi MF, Project Manager PEVS 2023, mengungkapkan, “PEVS 2023 adalah wadah yang unik dimana kami dapat menyatukan industri otomotif dan berbagai sektor terkait untuk mempercepat penggunaan kendaraan listrik. Kami sangat bersemangat melihat bagaimana kolaborasi dan pengetahuan yang dibagikan di PEVS dapat membentuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi industri otomotif di Indonesia.”

Membuka Tirai Prospek Kendaraan Listrik dan Inovasi Terbaru
Acara ini memukau pelaku industri otomotif dan masyarakat yang penasaran dengan potensi dan inovasi terkini dalam kendaraan listrik. Selama agenda Press Day PEVS, atmosfer penuh kegembiraan membungkus suasana pameran, memberikan informasi menarik tentang peluncuran dan inovasi yang menakjubkan.

PEVS 2023 mengumumkan berbagai hal menarik dan terbaru yang akan mengubah masa depan mobilitas di Indonesia. Deretan kendaraan yang telah diluncurkan pada acara pembukaan ini adalah PLN: SPKLU Generasi ke-2, pengguna motor listrik maupun konversi bisa melakukan pengisian daya di SPKLU tersebut melalui aplikasi PLN Mobile, MTF: Penawaran khusus untuk mobil baru dengan bunga 0% untuk tenor waktu 1 tahun, program bebas mikir asuransi sampai dengan 5 bulan, pemberlakuan admin 1 rupiah untuk customer, dan pemberian emas logam mulia sampai dengan 2 gram untuk para customer Mandiri Tunas Finance.

Sementara itu, dari kendaraan roda empat telah diluncurkan kendaraan listrik keluaran terbaru seperti Wuling: Wuling Binggo, MAB:PSDB E-Double Cabin, DFSK yang meluncurkan brand Seres berupa mobil mungil “Seres E1”, MG : MG4EV, dan KEVCBU KX melakukan upgrade series kendaraan listrik yang ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon dengan memanfaatkan listrik yang canggih.Dengan desain yang futuristik, teknologi canggih, dan keunggulan performa, kendaraan-kendaraan ini akan membawa pengalaman berkendara yang baru dan memberikan solusi berkelanjutan untuk mobilitas masa depan.

PEVS 2023 menampilkan deretan pengungkapan yang tak terlupakan, seperti SMOOT yang mempersembahkan Motor Listrik Pintar Tanpa Cas Seri Zuzu, memberikan subsidi perjalanan selama satu tahun hingga 500 KM. DAVIGO hadir dengan 5 Model Kendaraan terbaru yang menawarkan jarak tempuh 120 KM dan subsidi sebesar 4 Juta Rupiah. Sementara itu, GESITS memikat hati dengan kendaraan RAYA E, menghadirkan pengalaman berkendara nyaman dan ramah lingkungan. Tidak ketinggalan VOLTA, yang menawarkan program cicilan dengan bunga rendah dan kesempatan menarik melalui SEMOLIS (sewa motor listrik) dengan biaya terjangkau. Selain itu, GREENTECH menghadirkan penawaran menarik berupa Free Charging selama 2 Tahun.

Rangkaian peluncuran yang mendebarkan ini hanya sebagian kecil dari pesona PEVS 2023. Para peserta juga memberikan daya tarik dari masing-masing produknya seperti Selis menghadirkan tipe E-Max Long Range, Benelli-Keeway yang meluncurkan skuter listrik dengan tampilan retro “Keeway EV Anne”, SAIGE dengan seri Power Bull, dan Kymco yang menghadirkan 4 varian Ionex, yaitu Agility EV, i One Series (i One Plus dan i One XS) dan Mo One sebagai motor prototype.

Selain itu, pengunjung juga dapat merasakan sensasi mengendarai kendaraan listrik melalui program test drive dan ride di dalam ruangan. Program EV Taxi Ride oleh Prestige memberikan pengalaman eksklusif kepada pengunjung untuk menjadi penumpang dalam mobil Tesla, memberikan pengalaman berkendara yang ramah lingkungan.

Pengalaman Seru Test Drive, Parade Kendaraan Listrik, dan Pemilihan MISS PEVS 2023 Memeriahkan Pameran Otomotif Terbesar

Pengalaman Test Drive & Test Ride menjadi pusat perhatian pada hari kedua PEVS 2023. Para pengunjung berkesempatan merasakan sensasi berkendara yang ramah lingkungan dan inovatif dengan berbagai model kendaraan listrik terkemuka. Dengan suasana penuh antusiasme, pengunjung dapat menguji kecepatan, akselerasi, dan kenyamanan dalam berkendara.

Sementara itu, pertunjukan Taxi Ride yang dipersembahkan oleh Captain Vincent & EV Classic menjadi perhatian baru bagi pengunjung untuk merasakan pengalaman menjadi penumpang dalam mobil Tesla yang mewah, mengelilingi area pameran dan merasakan kemewahan teknologi kendaraan listrik yang tak terbantahkan. Dengan sentuhan kelas tinggi dan performa yang impresif, Taxi Ride menjadi momen tak terlupakan bagi pengunjung PEVS 2023.

Tak hanya itu, sore hari juga diramaikan dengan acara EV Catwalk & Parade yang menghadirkan parade kendaraan listrik dengan beragam desain dan inovasi terkini. Kendaraan-kendaraan listrik terpilih berjalan di atas catwalk, menampilkan keindahan desain, kecanggihan teknologi, dan kontribusi yang luar biasa terhadap keberlanjutan lingkungan. Parade kendaraan listrik ini memberikan pesan kuat tentang transformasi otomotif menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Tidak ketinggalan, Miss PEVS 2023 turut memeriahkan pameran otomotif ini. Para Usher/SPG dari berbagai peserta berlomba-lomba menampilkan kecantikan dan pesona mereka dalam kompetisi ini. Mereka bukan hanya menunjukkan kemampuan berkompetisi di bidang kecantikan, tetapi juga menjadi perwakilan profesionalitas dalam dunia otomotif.

Melangkah ke Masa Depan: Seminar dan Talkshow Membawa Inspirasi Mengenai Kendaraan Listrik untuk Masyarakat
Seminar dan talkshow yang komprehensif ini telah dilakukan sejak hari pertama PEVS 2023 dengan fokus pada tema komitmen pemerintah dalam penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sebagai kendaraan dinas operasional sesuai dengan Inpres No. 7 Tahun 2022, serta dukungan insentif kepemilikan KBLBB bagi masyarakat umum. Acara ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat umum karena menghadirkan beberapa narasumber seperti Restuardy Daud – Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia; R. Hendro Martono – Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia; Gigih Udi Atmo – Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Republik Indonesia serta Hilman Fazri – Analis Kebijakan Muda Direktorat Pasar Digital Pengadaan LKPP.

Mereka membahas peningkatan penggunaan KBLBB, dukungan dan insentif, pengembangan infrastruktur penunjang, serta manfaat penghematan energi dan lingkungan. Dengan acara ini, kita dapat memahami secara mendalam tentang kebijakan ini dan merasakan dampak positifnya dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai secara masif di Indonesia.

Antusiasme pelaku otomotif dan mahasiswa semakin tercermin pada hari kedua PEVS Seminar & Talkshow. Dalam sesi pertama yang bertajuk “Peran Edukasi dan Sosialisasi Dalam Pengembangan Ekosistem KBLBB di Seluruh Lapisan Masyarakat”, narasumber ahli seperti Arifin Abdul Majid S, S.Sos.,MM (Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia), Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc. (Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan), Syaifullah, SE., M.Ec (Direktur Manajemen Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), serta Heret Frasthio (Direktur Utama PT. Roda Elektrik Asia). Dalam acara ini, Sigit dan Syaifullah berbagi pandangan mereka tentang pengendalian pencemaran dan upaya mendorong industri pariwisata yang berkelanjutan melalui kendaraan listrik. “Sustainable tourism menjadi fokus penting dalam pengembangan industri pariwisata. Kendaraan listrik memberikan peluang besar untuk menciptakan pariwisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.”

Komitmen pemerintah dalam menjaga lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran telah mendorong langkah-langkah konkret untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. “Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyediakan kendaraan listrik yang handal, efisien, dan berperforma tinggi. PEVS 2023 menjadi kesempatan bagi kami untuk berbagi solusi berkelanjutan dengan masyarakat.” tutup Heret Frasthio, Direktur Utama PT Roda Elektrik Asia.

Selain itu, PEVS 2023 juga menawarkan sesi talkshow yang menarik dengan tema “Transformasi dari Energi Fosil”. Dalam sesi ini, para pembicara ternama seperti Sekretaris Jenderal PERIKLINDO Tenggono Chuandra Phoa, Vice President of Infrastructure and General Affairs Formula E PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Irawan Sucahyono, Senior Director Formula E Operations Gemma Roura, CEO PT Semesta Motor Indonesia Okto Larido, dan Formula E Student Indonesia Yanuar Anaba berkumpul untuk mendiskusikan transformasi energi fosil menuju kendaraan berbasis listrik. Diskusi ini membangkitkan semangat inovasi dan keberlanjutan dalam industri otomotif, menggugah pikiran tentang masa depan yang ramah lingkungan dan efisien dari segi energi.

Narasumber berkompeten berbagi pengalaman dan wawasan tentang kehadiran Formula E di Indonesia serta prospek pengembangannya di masa depan. Diskusi ini menggugah kebanggaan bagi Indonesia sebagai tuan rumah acara bergengsi Formula E dan memberikan harapan akan potensi besar yang dimiliki dalam industri kendaraan listrik. Dengan adanya Formula E, Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memajukan kendaraan listrik sebagai bagian integral dari perjalanan menuju keberlanjutan dan kebangkitan industri otomotif di tanah air.

Selain seminar dan talkshow yang informatif, acara ini juga akan menjadi momentum penting untuk penandatanganan perjanjian kerjasama antara PT Nusantara Karya Reksa Internasional yang merupakan sister company dariFAST dan PERIKLINDO (Persatuan Industri Kendaraan Listrik Indonesia). Agenda ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan kendaraan listrik dengan meluncurkan aplikasi “Battery Life Alert Diagnostic” atau bisa dikenal dengan nama BALLISTIC yang berfungsi sebagai pemantau dan juga sistem peringatan dini dari kemungkinan terjadinya bencana terbakarnya baterai lithium pada kendaraan listrik.

Datanglah dan kunjungi PEVS 2023 di JIExpo Kemayoran yang berlangsung hingga 21 Mei 2023 dengan membayar tiket masuk Rp 50,000.Bagi pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas Shuttle Car PEVS 2023, silahkan mengunjungi Mall Senayan City. Tersedia fasilitas tersebut tanpa dikenakan biaya, dengan menggunakan bus listrik dari Mall Senayan City dan menuju JIExpo Kemayoran selama PEVS 2023 berlangsung (17-21 Mei 2023).