CPA Days 2023, IAPI Dorong Generasi Muda Menjadi Akuntan Publik Berkualitas dan Tepercaya

LINTAS BISNIS – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) terus berupaya mencetak Akuntan Publik berkualitas di seluruh wilayah Indonesia. Kali ini IAPI menyasar kalangan mahasiswa melalui kegiatan bertajuk “CPA Days 2023” yang dihelat pada 6-7 September 2023 di Auditorium Gedung D, Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat.

Melalui gelaran CPA Days 2023, IAPI menyosialisasikan program-program unggulannya ke generasi muda. “Mahasiswa sebagai tunas muda penerus profesi akuntan diharapkan memiliki kemampuan mumpuni, baik yang berkaitan dengan kompetensi akademisi (hardskills) maupun softskills,” kata Ketua Umum IAPI, Hendang Tanusdjaja.

Ajang kompetisi dan pendidikan untuk kawula muda ini hasil kolaborasi antara IAPI dan Universitas Trisakti. Kegiatan ini merupakan kali keempat, setelah sebelumnya diselenggarakan di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Multimedia Nusantara.

Perhelatan tahunan ini dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Erawati: Rektor Universitas Trisakti, Kadarsah Suryadi: dan Ketua Umum IAPI, Hendang Tanusdjaja beserta jajaran Dewan Pengurus IAPI.

CPA Days 2023 mengusung tema “Be a Trusted, Stylish, and Inspiring Professional”. Tema ini mencerminkan esensi dari upaya pengembangan profesi yang satu ini, yaitu menjadi “Trusted Professional” dengan mengedepankan Kode Etik Profesi Akuntan Publik dan Standar Profesional Akuntan Publik.

Dalam sambutannya, Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang berbagi pengetahuan tentang akuntansi dan audit, personal branding, serta pengenalan profesi Akuntan Publik.

“Penyelenggaraan acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan skill serta minat mahasiswa pada profesi Akuntan Publik dan mengikuti Ujian Profesi Akuntan Publik (UPAP) yang diselenggarakan oleh IAPI,” ujar Hendang Tanusdjaja.

CPA Indonesia merupakan satu-satunya kualifikasi profesional menjadi Akuntan Publik, sebagaimana yang diamanatkan UU No. 5/2011 tentang Akuntan Publik. Dengan memiliki kualifikasi ini, seorang Akuntan Publik dapat memberikan jasa asurans, meliputi jasa audit atas informasi keuangan historis, jasa reviu atas informasi keuangan historis, dan jasa asurans lainnya. Selain itu, Akuntan Publik juga dapat memberikan jasa berkaitan dengan akuntansi, keuangan, dan manajemen sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

IAPI sangat mengapresiasi antusiasme dan semangat para peserta kompetisi, tercatat 38 ti dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia mengikuti kompetisi akuntansi dan audit Saat ini, ada 20 tim yang lolos babak penyisihan dan akan bertanding di babak semifinal da final. Sedangkan untuk kompetisi umum (menulis artikel, Reels dan TikTok) diikuti sebanya 53 peserta serta 32 paper yang disampaikan dalam kegiatan Call for Paper CPA Days 2023. CPA Days 2023 menampilkan kompetisi baru yang tidak ada pada tahun sebelumnya, yaitu penyelenggaraan Call for Paper melalui portal IAPI Journal of Auditing and Accounting (IJAA). “Kegiatan ini diadakan dalam rangka mendorong dan mengembangkan profesi, keilmuan, dan riset yang berkaitan dengan profesi akuntan publik, akuntansi, dan auditing,” tutur Ketua Panitia CPA Days 2023, Deddy Adi Saputra.

Deddy menambahkan, melalui Komite Organisasi dan Hubungan Kelembagaan Riset dan Perguruan Tinggi, IAPI telah merilis portal ini, sebagai media publikasi hasil riset yang dilakukan oleh IAPI maupun riset yang bekerja sama dengan pihak eksternal.

Selain kompetisi beregu yang diikuti oleh mahasiswa S1 Akuntansi dari perguruan tinggi seluruh Indonesia, CPA Days 2023 juga menyajikan seminar, talkshow, kompetisi umum, stand pameran, dan call for paper.