Siloam Hospitals Lippo Cikarang Hadirkan Fasilitas Cathlab

LINTAS BISNIS – Menjawab kebutuhan masyarakat guna meningkatkan kualitas layanan sehat, Siloam Hospitals Lippo Cikarang kembali menambah fasilitas melalui pengadaan alat Cathlab.

Dijelaskan Direktur Rumah Sakit Siloam Lippo Cikarang, dr. Albert Limanto, MM. MARS., pengadaan alat Cathlab guna menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di sekitar Kabupaten Bekasi sebagai tatalaksana kasus serangan jantung akut secara cepat dan tepat.

“Hingga saat ini pola pikir sebagian besar masyarakat di Kabupaten Bekasi lebih memilih layanan Cathlab di Ibu Kota Jakarta. Sementara kasus serangan jantung ini merupakan kasus yang mematikan dan harus membutuhkan penanganan segera. Karenanya kami adakan alat Cathlab ini sebagai peningkatan layanan agar warga di Bekasi pun wilayah Cikarang dapat merasakan manfaat alat ini,” tutur dr. Albert Limanto, MM. MARS., Direktur Siloam Hospitals Lippo Cikarang, Rabu (26/01/2022).

Disamping itu terbatasnya layanan Cathlab di Kabupaten Bekasi terutama di daerah Cikarang dan sekitarnya, memicu tanggung jawab Siloam Hospitals Lippo Cikarang untuk menjawab kebutuhan tersebut, mengingat penyakit jantung ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Dikesempatan yang sama dalam peresmian pengadaan fasilitas layanan Cathlab, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Ibu dr. Hj. SRI ENNY MAINIARTI. MKM
turut memberi apresiasi atas peran Siloam Hospitals Lippo Cikarang guna memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui layanan Cathlab tersebut.

Apa itu Alat Cathlab?
Cathlab merupakan alat yang dapat menghasilkan gambaran pembuluh darah secara detail sekaligus melakukan tindakan intervensi. Dengan begitu, prosedur ini bisa membantu dokter secara akurat dalam tindakan prosedur operasi terkait pembuluh darah di berbagai organ tubuh. Cathlab sendiri paling umum digunakan untuk prosedur jantung, seperti angiografi koroner dan pemasangan stent. Di samping itu, cathlab juga bisa dimanfaatkan oleh bidang lain seperti radiologi intervensi, bedah saraf, bedah tulang, dan lain-lain.

Dokter Spesialis Konsultan Kardiovaskular dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang ,dr. Indra S.M Manullang, Sp.PD – KKV., menyampaikan bahwa alat Cathlab turut digunakan guna membantu tatalaksana pada kasus-kasus selain jantung, seperti Aneurisma otak, Arteriovenous Malformations, batu empedu, manajemen nyeri tulang belakang dan masih banyak lagi.

Dengan demikian masyarakat di Kabupaten Bekasi tidak mengalami kesulitan atau kendala dalam mendapatkan layanan Cathlab.

Pada jangka panjang semakin banyak tenaga ahli yang bisa bergabung dengan Siloam Hospitals Lippo Cikarang untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih komprehensif kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi.

Pada kesempatan peresmian pengadaan fasilitas layanan Cathlab, turut dihadiri oleh jajaran Dinas Kesehatan Kab. Bekasi,
Ketua IDI Kab Bekasi, ARSSI, perwakilan BPJS Kantor Cabang Cikarang, Kepala Camat Cikarang, Kapolsek, Koramil, Perusahaan & Asuransi yang bekerjasama, termasuk RS/Klinik Perujuk dan Jajaran Board Of Director Siloam Hospitals Group yang diwakili Bapak Hendy Widjaja, Chief Network Officer Siloam Hospitals Group.