Komunitas Qlue Ajak Masyarakat Berbagi dan Peduli Pada Lingkungan

Lintas Bisnis.com Jakarta – Community Lead dari Qlue mengajak masyarakat untuk Membangun Kota dengan Berbagi dan Peduli pada Lingkungan Sekitar. Langkah tersebut dilakukan cara dilakukanya untuk meningkatkan kepedulian dan kebersamaan masyarakat dalam membangun kotanya.#BerburuBerkah.

Apalagi Qlue turut berinisiatif membantu Dompet Dhuafa dalam acara buka puasa bersama kaum dhuafa di Kampung Akuarium, Penjaringan.

Ketua Community Lead dari Qlue, Ibrahim mengatakan, di Jakarta Timur saja, Qlue bersama Karang Taruna berinisiatif untuk memetakan surau dan mushala untuk dibersihkan.

Dalam kampanye #BerburuBerkah kali ini, kata Ibrahim, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap sekitar sebagai bentuk dari peran aktif masyarakat membangun kotanya. Dengan ikut peduli dan berbagi, diharapkan terjadi sinergi yang baik antara masyarakat dan pemerintah untuk terus memajukan dan membangun kota.

Sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan, pada bulan Ramadan kali ini rekan-rekan Qlue menjadi relawan dalam acara buka puasa bersama yang diadakan di Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Dalam acara buka puasa ini, Qlue berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk turut ikut serta membagikan makanan buka puasa kepada warga Jakarta yang membutuhkan.

IMG-20180610-WA0020-360x287

Menurut Ibrahim, lebih dari 85 kepala keluarga Kampung Akuarium menghadiri acara buka puasa bersama tersebut. Beberapa rekan-rekan Qlue ikut serta membagikan makanan berbuka puasa dan menyiapkan logistik serta sarana di lokasi acara.

“Acara buka puasa bersama Dompet Dhuafa kali ini merupakan salah satu dari komitmen Qlue untuk turut serta aktif dan berkontribusi membantu masyarakat yang membutuhkan.’’ ujar Ibrahim di Jakarta.

Senada dengan yang disampaikan Ibrahim, Direktur dari Qlue, Norman Ganto menambahkan,”Dalam program berburu berkah yang diadakan oleh Qlue kali ini, berbagi kebahagiaan melalui buka puasa bersama merupakan langkah sederhana yang dapat membuktikan bahwa masih banyak orang yang ingin berkontribusi dan peduli dengan sekitarnya.”

Acara buka puasa ini juga dihadiri oleh Walikota Jakarta Utara, Husein Murad, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam acara ini, Anies Baswedan juga meresmikan Dapur Keliling yang nantinya akan digunakan untuk program buka puasa kedepannya.

Lebih lanjut, Anies mengajak seluruh warga Jakarta untuk ikut terlibat langsung dalam lebih banyak pelaksanaan program sosial untuk menunjukkan bahwa di Jakarta harus ada keadilan sosial.

Qlue Memetakan Mushala bersama Karang Taruna Jakarta Timur untuk Diperbaiki dan Dibersihkan Program #BerburuBerkah dari Qlue juga bekerja sama dengan Karang Taruna Jakarta Timur untuk melakukan pemetaan surau dan mushala yang selanjutnya akan dibersihkan oleh Pemuda Karang Taruna Jakarta Timur.

“Terdapat lebih dari 4 mushala di daerah Jakarta Timur yang telah dipetakan dan dibersihkan oleh rekan-rekan Pemuda Karang Taruna Jakarta Timur. Kondisi mushala ini pada awalnya sangat kotor dan tidak layak digunakan untuk beribadah. Qlue dan Pemuda Karang Taruna Jakarta Timur berinisiatif untuk memetakan dan membersihkan musala-musala tersebut sehingga kembali layak digunakan”, ungkap Ibrahim.

Dalam aplikasi Qlue sendiri, Jakarta Timur merupakan kota administratif dengan aparat pemerintah paling aktif, presentase tindaklanjut laporan di Jakarta Timur merupakan yang paling tinggi di DKI Jakarta yakni sebesar 77% dalam 5 bulan terakhir. Selain pemetaan mushala dan surau, Qlue juga mengadakan acara buka puasa bersama di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Momen buka puasa bersama pada Jumat (8/6/2018) dihadiri lebih dari 300 warga Kramat Jati dan sekitarnya. Hadir pula Camat Kramat Jati, Lurah Batu Ampar, KaSubBag Sudin Sosial Jakarta Timur, dan juga KaSatPel Kecamatan Kramat Jati.

Acara buka puasa ini juga disertai dengan santunan kepada 100 anak yatim yang didukung oleh Qlue dan diselenggarakan oleh Karang Taruna bersama dengan tiga pilar sosial lainnya yakni Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), dan Tenaga Kesejahteran Sosial Masyarakat (TKSK). Acara buka puasa bersama warga Kramat Jati ini merupakan acara puncak dari kampanye #BerburuBerkah yang Qlue adakan selama bulan Ramadhan.

Dengan kampanye #BerburuBerkah ini, Qlue berharap dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kepedulian masyarakat terhadap keadaan sekitar untuk pembangunan kota yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *