ICA Gelar Chef Expo 2019, Suguhkan Kuliner Tradisional Indonesia

Lintas Bisnis.com Jakarta – Indonesian Chef Association (ICA) menggelar Chef Expo 2019, yang diselenggarakan di JIE EXPO Kemayoran yang dimulai pada Rabu, 9 Oktober hingga 11 Oktober 2019 ini. Ini kali kedua buat pencinta yang hobby singgah pada kuliner tradisional Indonesia.

Pada acara tahun ini beragam kegiatan yang dilakukan, yakni demo masak dari para celebrity chef, pameran buku kuliner, workshop bisnis kuliner hingga perlombaan masak.

Chef expo yang sudah diselenggarakan pada tahun kedua ini lebih mengangkat kuliner tradisional Indonesia. Termasuk di dalam perlombaan masak seperti di Black Box Competition dan lomba kelas pastry.

Menurut Slamet Jarwanto selaku ketua Panitia Chef Expo 2019, seperti diketahui sekarang ini, ICA Chef Expo 2019 yang digelar bersamaan dengan Pameran Food Tech International organized yang diselenggarakan oleh PT Pelita Promo Internusa.

“Saya menargetkan pengunjung 6000-8000 orang hadir dalam chexf Expo 2019,” kata Slamet setelah pembukaan acara Chef Expo 2019 kepada redaksi.

Melihat antusiasme di hari pertama, panitia yakin akan ada peningkatan pengunjung yang lebih banyak lagi. “Oleh karena tahun ini agenda acara dan konten acaranya dipastikan jauh lebih dahsyat dari tahun lalu ” tutur Slamet.

Menariknya, tahun ini dibuka kelas lomba baru yaitu Kelas Pastry yang terdiri dari kelas Kue Klasik Indonesia, Cake Decoration dan Kelas Modern Plate Up Dessert di hari pertama yang didukung penuh oleh brand ternama Blue Band.

Selain kelas Pastry, tahun ini juga dibuka kelas baru yaitu Kelas Live Cooking berbahan dasar Healthy dan Sustainable.

Sementara itu, menurut Presiden ICA, Chef Henry Alexie Bloem kelas ini adalah hasil kerjasama antara ICA dan Generasi Baru Dapur Indonesia (GBDI).

“ICA dan GBDI juga akan menyelenggarakan Talkshow tentang Healthy dan Sustanaible Food bersama Panelis Chef Chandra Yudhasswara, Chef Bloem dan Chef Handry dengan moderator Ibu Christine dari Generasi Baru Dapur Indonesia (GBDI),” ucap Chef Bloem.

Menurut Chef Chandra Yudhasswara yang bertahun-tahun menjadi host acara masak di sebuah stasiun TV terkenal, talk show ini memberikan pengetahuan baru tentang bagaimana GDBI mengembangkan industri dan kuliner Indonesia dengan dimensi baru berbahan baku healthy dan sustainable.

Black Box Competition

Perlombaan Black Box competition kali ini menghadirkan 10 team pilihan dari Bali, Surabaya, Bandung dan Jakarta.

Juri-juri pilihan pada hari Jumat ini akan menentukan siapakah team terbaik yang mampu menghadirkan kreasi Indonesian Cuisine terbaik yang dikreasikan dari bahan bahan misteri dalam Black Box Competition.

Chef Juna yang diidolakan masyarakat sebagai salah satu juri Top di acara Master Chef Indonesia dan Chef Ragil, akan memimpin panel juri untuk Black Box Competition dan dilengkapi oleh special guest, Chef Yono – seorang celebrity chef dan restauranteur dari New York, Amerika Serikat, yang merupakan chef kebanggaan Indonesia juga, karena beliau lahir dan besar di Indonesia namun cukup sukses sebagai seorang Chef di negeri Paman Sam.

Menurut Chef Ragil dan Chef Juna black box tahun ini dijamin eru dan kompetitif karena back ground team yang bervariasi baik dari independent resto, hotel bintang lima dan beberapa chef ternama yang membangun team bersama dari beberapa kota yang berbeda.

Sekedar informasi tambahan, di Chef Expo tahun ini setiap hari menampilkan Demo Cooking dari celebrity chef seperti Vindy Lee, Kungfu Chef Mutho, Chef Axhiang, Brian Master Chef Indonesia, Chef Yongki Gunawan, Chef Juna, Chef Chandra dan Chef Chef dari Utusan daerah seperti Bali, Yogyakarta, Bandung, Medan dan lainnya.

Kejutan yang lain pada tahun ini juga adalah tampilnya Chef Marinka sebagai juri tamu di hari kedua serta hadirnya pakar Bakery Hadi Tuwendi dan Ibu Nilasari.

Juga hadir pula founder Dapur Solo Group Ibu Swan Kumarga dalam talk show Culinary Enterpreuneur di hari ketiga.

Selain itu Chef Expo tahun ini juga masih menggandeng beberapa partner seperti Kompas Gramedia Majalah Group sebagai official media partner, dan beberapa TV nasional.

Pameran buku kuliner juga menjadi daya tarik tersendiri bagi chef, mahasiswa dan pecinta kuliner yang menghadiri ICA Chef Expo tahun ini,l. Beberapa buku karya Ibu Sisca Soewitomo, Chef Mutho, Chef Yongki Gunawan dan lain-lain juga dipamerkan dalam pameran buku tahun ini.

ICA Chef Expo juga melakukan aktivitas sosial dengan memberikan edukasi ke pengunjung berupa hands on demo food/Carving bagi pengunjung dan konsultasi gratis untuk dasar-dasar manajemen resto dan clinic recipe di ICA Lounge.

Rangkaian acara bervariasi seperti ini diharapkan menarik masyarakat dan komunitas pecinta kuliner untuk datang dan bersama ICA dan lebih mencintai sekaligus melestarikan kuliner Indonesia melalui Event Chef Expo 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *