Pertamina Terjunkan Tim Inspeksi, Pulihkan SPBU Terkena Banjir

Lintas Bisnis.com Jakarta – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III secara intensif menerjukan tim inspeksi untuk mempercepat persiapan operasional SPBU yang terdampak banjir di wilayah Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami mengungkapkan, tim inspeksi tersebut merupakan personil dari fungsi Health Safety Security Environment (HSSE) serta fungsi teknik yang bertugas memastikan kesiapan keamanan operasional SPBU, bekerjasama dengan beberapa institusi terkait.

Tim yang bertugas sejak tanggal 1 Januari lalu, berangsur membantu persiapan pemulihan operasional SPBU, dimana bertambah jumlah yang SPBU mulai beroperasi. Sehingga hanya tinggal 7 SPBU yang belum siap operasi karena masih dalam proses pembersihan. 7 SPBU ini diharapkan dapat segera beroperasi dalam waktu dekat.

“Saat ini air berangsur surut dan sebelum SPBU beroperasi, Pertamina melakukan upaya pembersihan. Baik tim HSSE dan tim teknis terus bertugas setiap hari memastikan aliran listrik sudah terpasang dan bisa mengalirkan arus listrik dengan baik dan aman, serta memastikan kondisi pengamanan di sekitar tangki BBM,” ujar Dewi dalam keterangan rilisnya, Sabtu, (4/1/2019).

Dia menjelaskan, langkah mitigasi Pertamina sudah dilakukan sejak air mulai menggenangi jalan akses ke SPBU. SPBU Pertamina pada umumnya dibangun di dataran yang lebih tinggi dari jalan raya, sehingga petugas dapat melakukan upaya mitigasi sebelum air masuk ke SPBU.

Upaya mitigasi ini diantaranya pemompaan air dan menyiapkan penutup tambahan yang akan ditempatkan di atas tangki-tangki pendam sebagai tempat penyimpanan BBM. Pertamina juga menyiapkan snake absorbent, yakni alat khusus yang digunakan untuk melokalisir minyak di air, sehingga akan mencegah minyak untuk menyebar.

Sebelum beroperasi kembali, Dewi menambahkan, Pertamina fokus dalam menjaga kualitas produk BBM. Selain itu, memastikan ulang keselamatan instalasi kelistrikan di SPBU dan sekitarnya, serta fasilitas lainnya yakni dispenser, pompa submersible, dan membersihkan area jalan (drive way).

“Kami bersama instansi terkait melakukan pemeriksaan seluruh SPBU Pertamina dan tidak ada BBM yang keluar dari tempat penyimpanannya (tangki pendam). Kami juga bersiaga untuk menghadapi curah hujan yang diperkirakan masih tinggi pada beberapa hari ke depan,” tambah Dewi.

Berikut daftar SPBU yang masih belum beroperasi serta kondisi penanganannya hingga Sabtu pagi ini (4/1):

1. SPBU 3111702 di Jalan Daan Mogot KM.10, Jakarta Barat (tahap pembersihan).
2. SPBU 3411705 di Jalan Duri Kosambi, Jakarta Barat (tahap pembersihan dan pemeriksaan kelistrikan).
3. SPBU 3411704 di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat (tahap pembersihan dan
pemeriksaan kelistrikan).
4. SPBU 3411502 di Kompleks Green Garden, Jakarta Barat (tahap pembersihan).
5. SPBU 3417528 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM19, Kabupaten Bekasi (tahap pembersihan).
6.SPBU 3415116 di Mulia Ciledug, Kota Tangerang (tahap pembersihan).
7. SPBU 3414404 di Jalan Raya Kapuk Kamal, Jakarta Utara.

Untuk informasi layanan dan produk Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *