PGS Indonesia 2020 Hadirkan Strategi Performance Marketing Paling Efektif

Lintas Bisnis.com Jakarta – Untuk mendukung bisnis dalam menghadapi masa pandemi saat ini, https://accesstrade.co.id/  telah berhasil menggelar Performance Growth Summit 2020 atau yang disebut PGS Indonesia 2020, konferensi virtual bertemakan “Performance Marketing: A Risk-free Solution in the New Normal” dengan menghadirkan 15 pembicara yang ahli di bidang digital marketing dan performance marketing dari brand terkemuka.

PGS Indonesia 2020 diharapkan dapat menambah wawasan para pelaku bisnis di masa pandemi ini mengenai performance marketing dan agar mereka dapat menerapkan strategi yang paling efektif dalam menjalankan digital marketing. PGS Indonesia 2020 diadakan selama dua hari pada tanggal 30 September sampai 1 Oktober 2020 dengan waktu yang sama di jam 13.00 hingga 17.00 WIB melalui platform ZOOM dan juga secara LIVE di akun Facebook Page.

Selama dua hari, terdapat empat sesi presentasi dan satu sesi panel diskusi, yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung dengan intens untuk setiap sesinya. Peserta juga diberikan kesempatan untuk memenangkan OVO Cash senilai Rp 200.000 dengan cara mengikuti Story Competition yang diadakan oleh ACCESSTRADE Indonesia. Peserta diajak untuk mengunggah momen terbaiknya saat mengikuti sesi acara PGS di Instagram Story.

Hari Ke-1: 30 September 2020

Di hari pertama, sesi presentasi dibuka oleh Sunil Kumar selaku CEO & Founder dari Capella Digicrats yang membawakan topik utama yaitu “Performance Marketing: A Risk-free Solution in the New Normal”. Ia mengungkapkan bahwa performance marketing sebagai solusi terbaik bagi bisnis karena Anda hanya membayar apa yang Anda inginkan. Ia juga menjelaskan apa saja channel yang dapat digunakan untuk menjalankan performance marketing itu sendiri, yaitu Facebook Ads, Google Ads, Ad Networks dan Affiliate Marketing.

Sesi selanjutnya adalah dari Prayudho Rahardjo selaku CEO dari ACCESSTRADE Indonesia dengan topik “Why Affiliate Marketing Can Save Your Business Right Now”. Melalui presentasinya Prayudho menyebutkan bahwa affiliate marketing dapat menjadi solusi terbaik bagi bisnis di masa pandemi karena biaya promosi hanya akan dikeluarkan ketika terjadi transaksi atau tindakan konsumen yang diinginkan, seperti install dan registrasi.

Sesi berikutnya adalah presentasi dari Rahmat Baragau selaku Country Manager Saleduck Indonesia dengan topik yang tak kalah menarik yaitu “Mobile App Tracking: Capturing the missing opportunity”, yang membahas tentang pentingnya mengoptimalkan mobile app, yaitu karena mobile app mempunyai fitur push messages yang membangun engagement antara user dan brand kita, dan dapat menyimpan user data, memungkinkan proses one-click checkouts dan meminimalkan waktu loading. Dilanjutkan dengan Haryono selaku Founder dari BM Digital dengan topik Search Engine Marketing (SEM): Get More Customers with Google Ads, yang memaparkan strategi yang tepat dalam menjalankan iklan di mesin pencarian Google.

Selanjutnya, terdapat sesi diskusi yang mengusung topik “Best Digital Marketing Practices Amidst Pandemic Situation”, yang dibawakan oleh para praktisi digital marketing terkemuka yaitu Budiono Darmawan selaku Chief Marketing dari Ruparupa, Ryo Ardian selaku Founder dari Metronix, Fajar Adi Pratama selaku Performance Marketing & CRM Department Head dari Astra Digital, dan dimoderasi oleh Prayudho Rahardjo selaku CEO ACCESSTRADE Indonesia. Moderator dan ketiga panelis mengupas tuntas mengenai situasi yang dihadapi selama pandemi, serta solusi digital marketing yang paling efektif untuk bertahan dan tren digital marketing seperti apa yang marak digunakan para pelaku bisnis di 2021.

Sebagai penutup, Budiono melanjutkan sesi khusus Ruparupa dengan mengajak para peserta bermain games untuk memenangkan voucher dari Ruparupa yang diikuti para peserta dengan sangat antusias. Dan sesi hari pertama diakhir dengan pemenang Story Competition dari ACCESSTRADE Indonesia dan dimenangkan oleh 5 orang peserta dan mendapatkan OVO Cash senilai Rp 200.000.

Hari Ke-2: 1 Oktober 2020

Memasuki hari kedua, Kevin Jeanando selaku Social Media Marketing Specialist & Council Member dari GLG menjadi pembicara di sesi pertama dengan topik yang paling ditunggu-tunggu yaitu “The Principles of Social Media Marketing”. Pada presentasinya Kevin menjelaskan tentang prinsip dasar social media marketing untuk setiap platform, baik itu dari segi target user hingga peluang apa yang bisa didapatkan dari setiap platform tersebut.

Untuk sesi kedua, hadir Yuliana Chusna selaku Business & Operations Director dari Affle dengan topik “Programmatic Campaign Overview for Brand Business & App Marketing”. Yuliana mengupas tuntas keuntungan menjalankan programmatic advertising untuk meningkatkan brand awareness, brand engagement dan user acquistions.

Dilanjutkan oleh Ibu Sherly Luo selaku VP dari OPPO Ads Indonesia yang melakukan presentasi virtual dari kantor pusat OPPO di Beijing, Cina. Ia membahas topik berjudul “Mobile Marketing: How OEM Ads Deliver Your Brand with Immersive Experience to Audiences” yang mengangkat tentang penggunaan iklan di perangkat smartphone yang terbukti efektif menjangkau user.

Presentasi terakhir disajikan oleh Rurin Susanty selaku Senior Native Acquisition di MGID yang membahas topik “Native Ads as a Proven Performance Marketing Instrument in the New Normal”. Rurin mengungkapkan bahwa native ads memiliki peningkatan 9% lebih tinggi untuk ketertarikan brand dan 18% lebih tinggi untuk respon dengan niat membeli daripada display ads, karena tampilan metode ini mampu menampilkan konten native kepada pengguna yang tepat dan selalu pada waktu yang tepat melalui penargetan ulang yang terperinci.

Untuk sesi diskusi panel hari kedua dimoderasi oleh Dina Febriyani selaku Publisher Optimization Specialist di ACCESSTRADE Indonesia, bersama tiga panelis yang merupakan pakar content marketing yaitu Fandy Santoso selaku CEO dari Giladiskon Indonesia, Gugus A. Sakti selaku Customer Acquisition Head dari Niagahoster, dan Windri Rusli selaku Chief Editor dari Sushi.id yang mendiskusikan topik “Content Marketing 101: How To Drive Traffic & Build Engagement”. Mereka memberikan tips menarik dalam membuat konten yang menarik dan efektif tak hanya untuk branding, tapi juga untuk dapat dimonetisasi.

Sama seperti hari pertama, di penghujung acara diumumkan 5 orang pemenang yang mendapatkan voucher OVO senilai Rp200.000 dan pemenang dipilih berdasarkan unggahan Instagram Story tentang PGS yang paling menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *