ESMOD Jakarta Edukasi Pentingnya Sustainability Fashion dan Peduli Dengan Lingkungan

LINTAS BISNIS – Kerusakan lingkungan menjadi isu panas yang menarik perhatian para penggiat fashion untuk mulai mengembangkan fashion dengan konsep berkelanjutan. Begitu pula dengan ESMOD Jakarta yang dalam 2 tahun terakhir giat melakukan beberapa kampanye untuk memberi edukasi tentang pentingnya fashion berkelanjutan (sustainable).

Lewat pengaplikasian “Zero Waste Pattern” dalam beberapa kegiatan, seperti kelas belajar mengajar regular, workshop hingga roadshow, ESMOD Jakarta mengajak lebih banyak orang untuk menggunakan bahan secara maksimal dan menghasilkan limbah seminimal mungkin. Tak hanya berusaha mengurangi limbah melalui kampanye “Zero Waste Pattern”, lewat kompetisi FAV (Fashion Art Vibes) yang diadakan pada tahun 2020 lalu, ESMOD Jakarta juga mengusung tema “Deco Reco” yaitu sebuah konsep merekonstruksi pakaian lama menjadi bentuk baru. Kompetisi ini pun berhasil menarik animo anak-anak muda yang bahkan belum berkecimpung secara khusus di dunia fashion untuk menciptakan sebuah karya yang unik dan kreatif.

“ESMOD Jakarta selalu berusaha memberikan dampak positif bagi kemajuan dunia fashion karena sudah lebih dari 25 tahun ESMOD Jakarta berkiprah dalam industri fashion di Indonesia. Selain melalui kampanye “Zero Waste Pattern” dan “Deco Reco”, ESMOD Jakarta secara aktif melakukan beberapa kerja sama dengan produsen fiber berbahan dasar ramah lingkungan untuk dijadikan sebuah project. Intinya ESMOD Jakarta ingin mengedukasi para siswa dan orang-orang di luar sana untuk mempertanggungjawabkan daur sebuah produk terhadap berbagai aspek: lingkungan ataupun sosial ekonomi, ” ungkap Chike Herningtias, selaku Event and PR Manager ESMOD Jakarta.

Sejalan dengan kampanye Sustainable Fashion, bertepatan juga dengan kondisi pandemi COVID-19, pada akhir tahun 2020 lalu, ESMOD Jakarta menyelenggarakan fashion show bertajuk “Fashion Feast” yang menyajikan 64 look dari 64 designer dari ESMOD Jakarta.

“Fashion Feast” ditampilkan secara digital dengan menggunakan teknologi visual 3D stage yang menjadi cara baru untuk menikmati sebuah pagelaran fashion. Ini juga menjadi tanda kesiapan ESMOD Jakarta terhadap perkembangan dunia digital di tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *